PENINGKATAN KOMPETENSI ACTIVE SPEAKING MAHASISWA MELALUI MODEL COMMUNICATIVE LANGUAGE TEACHING PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS DI PGSD
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi active speaking mahasiswa melalui model Communicative Language Teaching dalam proses kegiatan pembelajaran mata kuliah bahasa Inggris. Penelitian ini adalah
penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah mahasiswa kelas I B tahun ajaran 2012/2013 program studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar (PGSD) FIP UNY. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, tes, dan catatan lapangan. Hasil penelitian
menunjukan bahwa penerapan model Communicative Language Teaching dapat meningkatkan kompetensi active speaking mahasiswa dalam proses kegiatan pembelajaran mata kuliah bahasa Inggris di PGSD. Indikator active speaking
(keaktifan berbicara secara aktif-komunikatif). Dalam proses pembelajaran, keterampilan active speaking menjadi fokus utama penelitian tindakan ini, dimana
desain pembelajaran melibatkan empat kompetensi komunikatif yaitu: kompetensi gramatikal, kompetensi sosiolinguistik, kompetensi wacana/discourse, dan kompetensi strategi. Dilihat dari hasil penilaian siklus I ada peningkatan rara-rata
kelas. Nilai rata-rata kelas pada pra tindakan yaitu 61,77 pada siklus I meningkat menjadi 76,38. Dan hasil penilaian siklus II menunjukan adanya peningkatan rara-
rata kelas yang cukup signifikan, dimana nilai rata-rata kelas pada siklus I yaitu
76,38 pada siklus II meningkat menjadi 85,04.
Kata Kunci: active speaking, communicative language teaching
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 0853-151x (printed) 2580-6640 (online)
Dinamika Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan.
All rights reserved p-ISSN: 0853-151X e-ISSN: 2580-6640
View My Stats