INTERVENSI DINI GANGGUAN PERKEMBANGAN KOMUNIKASI PADA ANAK DOWN SYNDROME
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai masalah perkembangan komunikasi paada anak Down Syndrome serta strategi untuk mengembangkan kemampuan komunikasi sebelum gangguan ini mempengaruhi perkembangan sosial dan pendidikan anak. Masalah yang dihadapi anak Down Syndrome dalam berkomunikasi adalah kesulitan khusus dalam memproduksi suara dan penggunaan aturan dalam berbahasa. Masalah ini merupakan kombinasi dari beberapa keterbatasan yang terjadi pada perkembangan bahasa mereka. Intervensi yang dinilai efektif untuk meningkatkan perkembangan komunikasi anak Down Syndrome adalah intervensi yang menggunakan pendekatan pada kegiatan rutinitas sehari-hari. Selain itu salah satu metode yang dapat digunakan adalah komunikasi augmentativ sebagai sistem peralihan dari keinginan untuk berucap ke bahasa yang lebih ekspresif.
Kata kunci: intervensi dini, perkembangan komunikasi, down syndrome
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN: 0853-151x (printed) 2580-6640 (online)
Dinamika Pendidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/dinamika-pendidikan.
All rights reserved p-ISSN: 0853-151X e-ISSN: 2580-6640
View My Stats