Membangun budaya literasi melalui perpustakaan jalanan: studi Sabtu membaca di Malang

Muhammad Arif Kurniawan, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Seli Septiana Pratiwi, Program Studi Pendidikan Sosiologi, Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Rendahnya minat baca di masyarakat menjadi tantangan dalam pengembangan literasi di Kota Malang. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah melalui keberadaan perpustakaan jalanan. Penelitian ini mengeksplorasi peran Sabtu Membaca sebagai gerakan sosial yang berkontribusi dalam meningkatkan kebiasaan membaca masyarakat. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini dilakukan di Taman Slamet, Kota Malang. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan teknik purposive sampling, kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sabtu Membaca, yang didirikan oleh Cak Pendek pada 2017, menjadi ruang baca inklusif bagi masyarakat tanpa memandang latar belakang sosial atau ekonomi. Dengan pendekatan gerakan sosial, komunitas ini tumbuh dari keresahan terhadap rendahnya minat baca dan berupaya membangun budaya literasi yang lebih kuat. Keberadaannya tidak hanya menyediakan akses terhadap bahan bacaan tetapi juga membentuk ekosistem literasi yang lebih luas di Kota Malang.

The low reading interest in society poses a challenge to literacy development in Malang City. One initiative to address this issue is the presence of street libraries. This study explores the role of Sabtu Membaca as a social movement contributing to the enhancement of reading habits in the community. Using a qualitative approach with a descriptive method, the research was conducted at Taman Slamet, Malang City. Data were collected through observations and interviews using purposive sampling, then analyzed through data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The findings indicate that Sabtu Membaca, founded by Cak Pendek in 2017, has become an inclusive reading space for the community, regardless of social or economic background. As a social movement, this community emerged from concerns over low reading interest and strives to build a stronger literacy culture. Its presence not only provides access to reading materials but also fosters a broader literacy ecosystem in Malang City.

 


Keywords


Perpustakaan Jalanan, Komunitas inklusif, Gerakan Sosial, Minat baca, Literasi

Full Text:

PDF

References


Agusta, A. S. (2020). Komunitas Baca dalam Menyebar Virus Literasi. Jurnal Iqra, 14(1).

Alfansyur, A., & Mariyani. (2020). Seni Mengolah Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150. https://doi.org/10.31764/historis.VXIY.3432

Alhamid, T., & Anufia, B. (2019). Resume: Instrumen Pengumpulan Data.

Andina, E. (2017). Pentingnya Literasi bagi Peningkatan Kualitas Pemuda. Majalah Info Singkat Kesejahteraan Sosial, IX, 9–12. www.puslit.dpr.go.id

Citra, O., Sari, P., & Yogyakarta, U. N. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Membaca Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 32, 7.

Creswell, J. W. (2014). Research Design (Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran) Edisi Keempat (Amaryllis, Ed.; 4 ed., Vol. 4). SAGE Publication.

Crisianita, S., & Mandasari, B. (2022). The Use of Small-Group Discussion to Imrpove Students’ Speaking Skill. Journal of Research on Language Education (JoRLE), 3(1), 61–66. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/JoRLE/index

Falah, S. (2022). Perpustakaan Sebagai Media Literasi dalam Menumbuhkan Minat Baca Masyarakat (Studi Kasus Manajemen Perpustakaan Jalanan Tamanmilenial Karawang).

Febriani, L. (2017). Mobilisasi Sumberdaya dalam Gerakan Literasi (Studi pada Gerakan Vespa Pustaka). Jurnal Society, V.

Friantary, H. (2019). Budaya Membaca Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Hidup Masyarakat. 1(1). http://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/disastra

Goa, L. (2017). Perubahan Sosial dalam Kehidupan Bermasyarakat. E-Journal Stip-IPI Malang.

Indo, B. (2022). Tingkat Literasi di Kota Malang Masih Rendah. suryamalang.com.

Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1–6. http://ejournal.upi.edu/index.php/IJPE/index

Kumara, A. R. (2018). Buku Ajar Penelitian Kualitatif: Metodologi Penelitian Kualitatif.

Kurniasari, L., & Arfa, M. (2020). Peran Komunitas “Pustaka Sarwaga” dalam Membentuk Kemampuan Literasi Dini di Kota Semarang.

Lestari, D., & Subekti, S. (2019). Peran Perpustakaan Jalanan Semarang Terhadap Pemberdayaan Masyarakat.

Lubis, S. S. W. (2020). Membangun Budaya Literasi Membaca Dengan Pemanfaatan Media Jurnal Baca Harian. http://print.kompas.com/baca/opini/jajak-pendapat/2015/10/27/Membaca-Jadi-Jendela-Dunia

Martono, N. (2014). Sosiologi Perubahan Sosial (Perspektif Klasik, Moderen, Posmodern, dan Poskolonial) (Edisi Revisi, Vol. 3). Rajawali Pers.

Maulida, H. N. (2015). Peran Perpustakaan Daerah dalam Pengembangan Minat Baca di Masyarakat.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Motode-Metode Baru (T. R. Rohidi, Ed.; 1 ed., Vol. 1). Universitas Indonesia (UI-Press).

Prabowo, R. A., Budiyono, K., & Norhalimah, N. (2022). Membangun Budaya Literasi Anak Usia Dini Dengan Penguatan Pendampingan Keluarga. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 667. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1048

Putra, I. P. (2023, Desember 26). Kaleidoskop Pendidikan 2023: Peringkat PISA 2022 Naik, Tapi Skor Turun. Medcom.id.

Reynaldi, M., & Halim, M. (2022). Taman Baca Masyarakat Rorotan untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 4(1), 519. https://doi.org/10.24912/stupa.v4i1.16933

Septiana, A. N. A. (2022). Strategi Taman Baca Masyarakat (Tbm) Karya Mulya dalam Meningkatkan Minat Baca di Mata Merah Sematang Borang Palembang. UIN Raden Fatah.

Suharko. (2006). Gerakan Sosial Baru di Indonesia: Repertoar Gerakan Petani. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Sukmana, O. (2016). Konsep dan Teori Gerakan Sosial. Intrans Publishing.

Sztompka, P. (2008). Sosiologi Perubahan Sosial (T. W. Santoso, Ed.; 1 ed., Vol. 4). Prenada Media Group.

Tamba, H., Ananta Purba, A., Meiliana, Y., & Anggraini, S. (2024). Pengaruh Komunikasi Efektif dalam Pembentukan Fondasi Pendidikan Anak Usia Dini. JIIC: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 1, 630–635. https://jicnusantara.com/index.php/jiic

Wibowo, A. A., Aziz, F., Kaharuddin, & Maemunah. (2023). Gerakan Literasi Mahasiswa: Studi Kasus Gerakan Literasi Komunitas Akar Sosial di Universitas Muhammadiyah Makassar. Aksiologi: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 4, 1–7.




DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v14i1.76859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Muhammad Arif Kurniawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

 

View My Stats