Religious social literacy among UNESA’s students with pesantren backgrounds

Adhitiya Prasta Pratama, Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Moh. Mudzakkir, Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Agus Mahfud Fauzi, Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Penelitian ini mengkaji literasi sosial keagamaan di kalangan santri alumni pesantren. Literasi sosial keagamaan merujuk pada kemampuan untuk memaknai dan menginterpretasikan dunia sosial secara religius, tidak terbatas pada aspek membaca dan menulis teks-teks keagamaan saja. Konsep ini dianalisis dengan menggunakan teori konstruksi sosial Peter L. Berger dan pemikiran Henry A. Giroux sebagai landasan teori. Pendekatan metodologis yang digunakan adalah studi kasus Robert K. Yin dengan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang pernah mengenyam pendidikan di pondok pesantren memiliki literasi sosial keagamaan yang lebih baik daripada siswa non pondok pesantren. Hal ini disebabkan oleh pengalaman hidup di lingkungan pesantren yang kental dengan nilai-nilai dan ideologi Islam. Temuan ini mengonfirmasi peran penting pesantren dalam membentuk literasi sosial keagamaan siswa, yang menjadi bekal penting bagi mereka dalam memaknai realitas sosial dari sudut pandang agama.

 

This study examines religious social literacy among pesantren alumni students. Religious social literacy refers to the ability to interpret and interpret the social world religiously, not limited to the aspects of reading and writing religious texts alone. This concept is analysed using Peter L. Berger's social construction theory and Henry A. Giroux's thoughts as theoretical foundations. The methodological approach used is Robert K. Yin's case study with qualitative data analysis. The results showed that students who have been educated in boarding schools have better religious social literacy than non-boarding school students. This is due to the experience of living in a pesantren environment that is thick with Islamic values and ideology. The findings confirm the significant role of Islamic boarding schools in shaping students' religious social literacy, which is an important provision for them in interpreting social reality from a religious perspective

Keywords


religious social literacy; students; alumni; pesantren

Full Text:

PDF

References


Adiarsi, G. R., Stellarosa, Y., & Silaban, M. W. (2015). Literasi Media Internet di Kalangan Mahasiswa. HUMANIORA, 6(4), 470–482.

Ali, M. D. (1995). Lembaga-lembaga Islam di Indonesia. PT Rajagrafindo Persada.

Amelia, D. J., & Ulumu, B. (2019). Literasi Digital di Kalangan Mahasiswa PGSD Universitas Muhamamdiyah Malang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 106–111.

Anam, S. (2017). Karakteristik dan Sistem Pendidikan Islam: mengenal Sejarah Pesantren, Surau, dan Meunasah di Indonesia. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 01(Maret), 145–149.

Aronowitz, S., & Giroux, H. A. (1997). Postmodern Education: Politics, Culture, and Social Criticisme (Ketiga). University of Minnesota Press.

Az-zahra, H. R., & Bachtiar, I. G. (2018). Student’s Social Literacy in their Daily Journal. Mimbar Sekolah Dasar, 5(3), 162–173. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v5i3.12094

Berger, P. L., & Luckmann, T. (1991). The Social Construction of Reality Treatise in the Sociology. Penguin Books.

Cook-Gumperz, J. (2006). The Social Construction of Literacy. Cambridge University Press.

Dasir, M. (2013). Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Tingkat SMA/SMK Kutikulum 2013.

Halstead, J. M. (2007). Islamic Values: A Distinctive Framework for Moral Education. Jurnal Of Moral Education, 36(3).

Haruna, R. (2018). Literasi Gender di Kalangan Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi. Jurnal Tabligh, 19(1), 96–105.

Herman, D. (2013). Sejarah Pesantren di Indonesia. Jurnal Al-Ta’dib, 6(2), 145–158.

Ibeng, P. (2021). Pengertian Literasi, Tujuan, Manfaat, Jenis, Prinsip, Contoh, Menurut Para Ahli. Pendidikan.Co.Id. https://pendidikan.co.id/literasi/

Jerolimek, J. (1971). Social Studies in Elementary Education. The Macmillan Company.

Koentjaraningrat. (2009). Pengantar Ilmu Antropologi (Kesembilan). PT Rineka Cipta.

Kurniawan, K. N. (2020). Kisah Sosiologi: Pemikiran Yang Mengubah Dunia dan Relasi Manusia (Pertama). Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Mulkham, A. M. (2002). Nalar Spritual Pendidikan. Tiara Wacana Yogya.

Novian, M. F. (2013). Model Komunikasi Kyai dengan Santri. Jurnal Wacana, 16(4), 197–206.

Rahman, V. A., Aditya, D., Harsoni, B., & Hanifah, N. (2018). Keliyanan Literasi Menginstal Budaya dan Sosial. Direktorat Pembinaan Pendidikan Keaksaraan dan Kesetaraan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sari, E. S., & Pujiono, S. (2017). Budaya Literasi di Kalangan Mahasiswa FBS UNY. LITERA, 16(1), 105–113.

Schramm, W. (1971). Notes on Case Studies of Instructional Media Projects (No. ED092145).

Soekanto, S., & Sulistyowati, B. (2019). SOSIOLOGI Suatu Pengatar Edisi Revisi (49th ed.). PT Rajagrafindo Persada.

Stake, R. E. (1995). The Art of Case Study Research. SAGE Pubications.

Syirad, S. A. (1999). Pesantren Masa Depan, Wacana Pemberdayaan dan Transformasi Pesantren. Pustaka Hidayah.

Taylor, S. J., Bogdan, R., & DeVault, M. (2015). Introduction to Qualitative Research Methods A Guidebook And Resource (Keempat). ohn Wiley & Sons, Inc.

Ubaidillah, M. I. (2019). Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islma dalam Membentuk Karakter Santri. Univeristas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Yin, R. K. (1981). The Case Study as a Serious Research Strategy. SAGE Journals. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/107554708100300106

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods. SAGE Pubication.




DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v14i1.76333

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Adhitiya Prasta Pratama, Moh. Mudzakkir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

 

View My Stats