Jaringan dan kepercayaan: modal sosial pemasaran industri rumah tangga kerupuk sagu di Pamekasan
Khoirul Rosyadi, Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia
Abstract
Upaya meningkatkan pendapatan industri skala kecil-menengah tingkat rumah tangga tidak lepas dari keberhasilan membangun dan memelihara modal social terkait. Sebagaimana ditunjukkan dalam industri rumah tangga kerupuk sagu, peran jaringan dan kepercayaan pihak-pihak terkait sangat penting. Dengan menggunakan metode kualitatif melibatkan para pelaku usaha kerupuk sagu di Bulay, Pamekasan, Madura, penelitian menelaahnya dengan menggunakan teori modal sosial. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa modal sosial memiliki peranan penting dalam meningkatkan pemasaran industri rumah tangga kerupuk sagu dalam segi pendapatan dan perluasan pemasaran kerupuk sagu. Jaringan sosial dalam pemasaran melalui jaringan sesama produsen industri rumah tangga kerupuk sagu, jaringan pertemanan dan keluarga, jaringan dengan pedagang, jaringan dengan pengelola wisata di sekitar wilayahnya dan jaringan dengan pemasok bahan baku. Kepercayaan dalam pemasaran industri rumah tangga kerupuk sagu melalui konsumen, pedagang, dan pengelola wisata di wilayah Pamekasan.
The success of small and medium-sized household industries in increasing their income relies heavily on the development and maintenance of social capital. The sago cracker household industry serves as an example where the role of networks and trust among relevant parties is crucial. This study, based on qualitative methods involving sago cracker business actors in Bulay, Pamekasan, Madura, utilized social capital theory to examine the phenomenon. The findings of the study highlight the significant role of social capital in enhancing the marketing and expanding the income of sago cracker household industries. This includes social networks established with fellow sago cracker producers, friends and family, traders, local tourism managers, and raw material suppliers. Trust also plays a critical role in marketing sago cracker household industries, particularly in relationships with consumers, traders, and tourism managers in the Pamekasan area.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, A. P. (2023). Modal Sosial Dalam Pengembangan Industri Tenun Ikat (Studi Kasus di Desa Parengan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan). Bangkalan: Universitas Trunojoyo Madura.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Pamekasan. (2023). Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Pamekasan Tahun 2022. Pamekasan: BPS Kabupaten Pamekasan.
Budiarto, T. (1993). Dasar Pemasaran. Jawa Barat: Gunadarma.
Damsar, I. (2009). Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Kencana.
Dea Ayu Pusparini, N. S. (2020). Modal Sosial pada Industri Kecil Menengah di Kelurahan Purbalingga Lor. Jurnal Sosiologi USK, 14(1), 99-125.
Dewi Fatma, F. (2022). Jaringan Sosial Perajin Gerabah Dalam Mempertahankan Usaha di Gampong Me Matang Panyang Aceh Utara. Jurnal Sosiologi Dialektika Sosial, 8(2), 139-150.
Diana, E. (2016). Peran Modal Sosial Dalam Pemasaran Makanan Khas Tape (Studi Kasus di Desa Kerang Kecamatan Sukosari Kabupaten Bondowoso). Bangkalan: Universitas Trunojoyo Madura.
Field, J. (2010). Modal Sosial. (I. R. Muzir, Ed.) Yogjakarta: Kreasi Wacana.
Fitriawati, E. (2010). Modal Sosial Dalam Strategi Industri Kecil. DIMENSIA, 4(1), 23-40.
Hamka. (2017). Strategi Promosi Pemasaran. Jakarta: Onny Fitriana Sitorus.
Haryanto, S. (2011). Sosiologi Ekonomi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Hasbullah, J. (2006). Menuju Keunggulan Budaya Manusia Indonesia . Jakarta: MR-United Press.
Imam Gunawan, S. M. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik. Jakarta: Sinar Grafika Offset.
Istiharoh, M. (2016). Peran Modal Sosial Pada Masyarakat Industri Rumahan Kerajinan Bandol di Desa Kabunan, Kecamatan Dukuhwaru, Kabupaten Tegal. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Khair, H. (2019). Modal Sosial Dalam Industri Rumah Tangga Kerupuk Sagu di Desa Pintu Gobang Kari Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. JOM FISIP, 6(1), 1-14.
Kimbal, R. W. (2015). Modal Sosial dan Ekonomi Industri Kecil : Sebuah Studi Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.
Mahendra, S. (2015). Keterkaitan Modal Sosial Dengan Strategi Kelangsungan Usaha Pedagang Sektor Informal di Kawasan Waduk Mulur: Studi Kasus Pedagang Sektor Informal di Kawasan Waduk Mulur Kelurahan Mulur Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Analisa Sosiologi, 4(2), 10-30.
Nugroho Adi Saputro, P. S. (2020). Modal Sosial Pada Industri Kreatif Berbasis Potensi Lokal Pada Kerajinan Batik Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(2), 332-336.
Rangkuty, R. P. (2018). Modal Sosial dan Pemberdayaan Perempuan ( Kajian Modal Sosial Dalam Pemberdayaan Perempuan melalui Kegiatan PNPM Mandiri Pedesaan). Aceh: Unimal Press.
Rapang, R. (2013). Modal Sosial Masyarakat Perkotaan. Surabaya: CV. Garuda Mas Sejahtera.
Rosyadi, K. (2018). New Social Capital dan Revolusi Industri 4.0; Studi Terhadap Pembangunan Masyarakat UMKM Batik Tanjung Bumi Bangkalan Madura. Jurnal Pamator, 11(2), 49-53.
Saleh, K. (2017). Modal Sosial Perempuan Pelaku Industri Rumahan Emping Melinjo (Kasus Perempuan Pedesaan Provinsi Banten). Jurnal Agribisnis Terpadu, 10(2), 160-174.
Solikatun, N. J. (2018). Modal Sosial Sebagai Strategi Bertahan Hidup Masyarakat Desa Maria, Kecamatan Wawo, Kabupaten Bima, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jurnal Analisa Sosiologi, 7(2), 262-273.
Sudarmono. (2021). Pembangunan Modal Sosial. Bandung : Rtujuh Media Printing.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Vipriyanti, N. U. (2011). MODAL SOSIAL DAN PEMBANGUNAN WILAYAH : Mengkaji Succes Story Pembangunan di Bali. Malang: UB Press.
Wahyuni, F. T. (2014). Peran Modal Sosial Dalam Pemasaran UKM Rebana (Studi Kasus di Desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik). Bangkalan: Universitas Trunojoyo Madura.
Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Gabungan. Jakarta: Kencana
DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v13i2.72214
Refbacks
Copyright (c) 2024 zainol arifin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
eISSN : 2654-9344 | pISSN : 1978-192X
Dimensia is abstracting, indexing, and listing in the following databases:
Follow us at dimensia.sosiologi
Suported by:
Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id
https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en
View My Stats