Pengaruh Pola Asuh Permisif Terhadap Pelaku Tawuran Pelajar SMA di Sukabumi

Neng Resti, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Sardin Sardin, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Nindia Fajria Utami, Jurusan Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Pengetahuan Sosial, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Tugas seorang pelajar adalah belajar dan juga menuntut ilmu,  Ada kalanya pelajar dengan rentang usia 16-18 tahun menunjukan perkembangan nya ke arah negatif yaitu aksi tawuran. Dari permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian yaitu : pengaruh pola asuh permisif terhadap pelaku tawuran pelajar  di SMK sukabumi, Dengan tujuan  mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh permisif terhadap pelaku tawuran pelajar di SMK sukabumi.  penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa kuesioner dengan responden sejumlah 39 orang. Hasil penelitian ini didapat hasil  68,4% pengaruh pola asuh permisif menjadi penyebab terjadinya aksi tawuran pelajar di smk sukabumi. 


Keywords


Pola Asuh; Remaja; Tawuran Pelajar; Kenakalan Remaja; Sukabumi

Full Text:

PDF

References


Agustina, A., & Appulembang, Y. A. (2017). Pengaruh pola asuh terhadap kualitas hidup siswa pelaku tawuran. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 210-215.

Asmariani, N. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Tindakan Pencegahan Kekerasan Pada Anak DI SDN 3 Batubulan Kangin Gianyar. Jurnal Keperawatan Poltekkes, 2, 11-12.

Ayun, Q. (2017). Pola asuh orang tua dan metode pengasuhan dalam membentuk kepribadian anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102-122.

Basri, A. (2015). Fenomena tawuran antar pelajar dan intervensinya. Hisbah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 12(1), 1-25.

Gitelman, L. (2014). Paper knowledge: Toward a media history of documents. Duke University Press.

Wijayanto, L. O. (2016). Studi Kasus Motif Tawuran Pelajar di Boyolali. Skripsi. Universitas Negeri Sebelas Maret.

Yusuf, D., & Setiawan, R. (2021). Covid-19: Relasi Sosial Siswa di Banten pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Dimensia: Jurnal Kajian Sosiologi, 10(2), 115-128.




DOI: https://doi.org/10.21831/dimensia.v12i1.60865

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Neng Resti, Sardin Sardin, Nindia Fajria Utami

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

eISSN : 2654-9344   |     pISSN : 1978-192X

Dimensia is abstracting, indexing, and listing  in the following databases: 

                           

Follow us at  dimensia.sosiologi

Suported by:

RJI Main logo

Dimensia dalam https://journal.uny.ac.id/index.php/dimensia/index mengikuti aturan lisensi Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional 

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/deed.id

https://creativecommons.org/licenses/by-nc/2.0/deed.en

 

View My Stats