ENGLISH TEACHERS’ WORK ENGAGEMENT AMONG CRITIQUES OF LOW PROFESSIONAL COMPETENCE IN INDONESIA

Basikin -,

Abstract


Artikel ini ditulis berdasarkan kajian tentang keterlibatan kerja 152 guru Bahasa
Inggris SMP di Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan angket model Utrecht Work
Engagement Scale (UWES 9) yang dikembangkan oleh Schaufeli dkk. pada tahun 2002,
yang mengukur tiga faktor keterlibatan kerja, yaitu semangat, dedikasi, dan ketertarikan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan kerja para guru secara umum tinggi
(rerata 5,04 pada skala 7; rerata semangat, dedikasi, dan ketertarikan masing-masing
4,99, 5,44, dan 4,71). Reliabilitas data dihitung dengan Cronbach alpha. Koefisien alpha
secara keseluruhan adalah 0,91 dan koefisien alpha untuk semangat, dedikasi, dan
ketertarikan adalah 0,76, 0,83, dan 0,79. Temuan penelitian ini menarik dalam konteks
prestasi siswa dan perhargaan terhadap profesi guru yang rendah.
Kata kunci: keterlibatan kerja guru, kemampuan profesional


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v16i2.6610

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 1970 DIKSI



 

Jurnal Diksi is published by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi

 

Our Journal has been Indexed by:

  

  

   

Diksi Journal is published by the Faculty of Languages, Arts, and Culture Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)

Supervised by:


 
Translator
 
View My Stats