PENERAPAN STRATEGI PRAMENULIS CUBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ARGUMENTASI DI SMP

Setyawan Pujiono, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk melakukan pembenahan terhadap
kualitas pembelajaran keterampilan menulis argumentasi di sekolah. Pembenahan
tersebut dapat dimulai dari pemilihan strategi pembelajaran yang tepat. Oleh karena itu,
upaya tindakan ini akan mencoba meningkatkan kemampuan siswa pada pembelajaran
keterampilan menulis argumentasi dengan strategi pramenulis cubing. Kegiatan penelitian
ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri I Bambanglipuro Bantul Yogyakarta.
Prosedur dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk melaksanakan
penelitian yang terarah dan teratur dalam prosesnya yang panjang dan kompleks, maka
peneliti membagi pelaksanaan penelitian ini dalam siklus dan dilanjutkan dengan
pengamatan, refleksi dan pelaporan. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa strategi
pramenulis cubing ternyata mampu meningkatkan kemampuam siswa dalam menulis
argumentasi. Hasil pembahasan tim peneliti dalam proses pembelajaran dan produk tulisan
siswa, ternyata strategi cubing dapat meningkatkan kemampuan menulis argumentasi. Hal
tesebut dapat dilihat pada pemaparan argumentasi berikut ini. Subjek penelitian berjumlah
34 siswa, sedangkan dua siswa tidak mengikuti ujian akhir karena sakit. Hasil evaluasi
siklus II (akhir) nilai yang diperoleh siswa antara 60 s.d 70 sejumlah 12 siswa, nilai 71
s.d 80 sejumlah 19 siswa , dan nilai yang di atas 81 sejumlah 1 siswa.
Keywords: prewriting, cubing, argumen, and strategi

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v2i22.3186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Jurnal Diksi is published by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi

 

Our Journal has been Indexed by:

  

  

   

Diksi Journal is published by the Faculty of Languages and Arts Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)

Supervised by:


 
Translator
 
View My Stats