REPRESENTASI KONSUMERISME DALAM ADVERTORIAL PRENAGEN: KAJIAN WACANA KRITIS

- Martutik, , Indonesia

Abstract


ABSTRAK
Wacana iklan advertorial merupakan bentuk tindakan, sebuah bentuk interaksi.
Sebagai sebuah interaksi sosial, wacana iklan advertorial memiliki tujuan membentuk
masyarakat konsumerisme. Oleh sebab itu, iklan advertorial disusun secara sadar dan
terkontrol. Dengan menggunakan ancangan analisis wacana kritis, tulisan ini bertujuan
mengupas representasi konsumerisme dalam iklan advertorial Prenagen. Representasi
konsumerisme dikaji dari aspek kata dan kalimat yang dikemukakan Fairclough. Dilihat dari
diksinya, iklan Prenagen menggunakan pilihan kata yang bernilai pengalaman, ekspresif,
dan relasi. Dilihat dari kalimatnya, iklan Prenagen menggunakan struktur kalimat aktif
dan pemfokusan pada predikat serta pemfokusan pada keterangan tujuan. Kalimat aktif
dalam iklan Prenagen ditandai dengan (nama) produk digunakan sebagai pelaku (agen).
Dalam upaya memberi efek persuasi digunakan metafora untuk memberikan sifat insani
pada produk.
Kata kunci: representasi, konumerisme, kajian wacana kritis

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v2i22.3165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Jurnal Diksi is published by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi

 

Our Journal has been Indexed by:

  

  

   

Diksi Journal is published by the Faculty of Languages and Arts Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)

Supervised by:


 
Translator
 
View My Stats