PENTINGNYA TES KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA BAGI PEMELAJAR BIPA BERTUJUAN AKADEMIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan pemelajar asing dalam program BIPA akademik terhadap tes kemahiran berbahasa Indonesia akademik. Penelitian ini merupakan tahap awal dari penelitian pegembangan tes kemahiran berbahasa Indonesia yang diperuntukkan bagi pemelajar BIPA bertujuan akademik. Jenis penelitian dalam tahap awal atau studi pendahuluan ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan beberapa hal terkait kebutuhan tes kemahiran bagi pemelajar asing bertujuan akademik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dokumentasi, angket, dan wawancara. Subjek penelitiannya adalah pemelajar asing, dosen pengajar yang di kelasnya terdapat mahasiswa asing, dan pengelola program BIPA bertujuan akademik. Teknik analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi data, berupa tianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan tes kemahiran berbahasa Indonesia diperlukan oleh para pemelajar asing yang bertujuan akademik. Dengan tes ini, kemampuan berbahasa Indonesia mereka dapat terdeteksi dan disikapi sehingga mereka dapat menjalani perkuliahan dengan baik dan lancar.
Kata Kunci: tes kemahiran berbahasa Indonesia, pemelajar asing, bertujuan akademik
Full Text:
PDFReferences
Robinson, P. (Ed.)( 2002). Individual Differences and Instructed Language Learning. Volume 2. Philadelphia: John Benjamin Publishing Company.
Rogers, A. (1999). Teaching Adults (2nd edition). Philadelpia: Open University Press.
Lighbown, P. M. & Spada, N. (2013). How Language are Learned (Fourth Edition). Oxford: Oxford University Press.
Ellis, R. (1995). The Study of Second Language Acquisition. Oxford: Oxford University Press.
Fry, H., Ketteridge, S., dan Marshall, S. (Eds.). (2013). Handbook Teaching and Learning (Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi). Terjemahan dari Handbook Teaching and Learning in Higher Education (Enhancing Academic Practice) oleh Ahmad Asnawi. Riau: Zanafa Publishing.
Harris, D.P. (1969). Testing English as A Second Language. New York: Mc-Graw-Hill company. Hayland, K. 2006. English for Academic Purposes – an advanced resource book. E-book. London: Routledge.
Illeris, K. 2011. Contemporary Theories of Learning. Diterjemahkan oleh M. Khozim dalam Teori-teori Pembelajaran Kontemporer. Bandung: Nusa Media.
Kusmiatun, A. (2015). Mengenal BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) dan Pembelajarannya. Yogyakarta: K-Media.
Kusmiatun, A. (2017). BIPA Bertujuan Akademik. Disertasi tidak diterbitkan. Universitas Negeri Malang.
Leaver, B. L., Ehrman, M., and Shekhtman, B. 2005. Achieving Success in Second Language Acquisition. Cambridge: Cambridge University Press.
Djiwandono, M.S. (2008). Tes Bahasa: Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT. Indeks.
Suyitno, I. (2005). Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (Teori, Strategi, dan Aplikasi Pembelajarannya). Yogyakarta: CV. Grafika Indah.
Thiagarajan, S., Dorothy S. S., dan Melvyn I. S. (1974). Intructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington DC: National Center for Improvement Educational System.
DOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v27i1.26140
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Diksi
Jurnal Diksi is published by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi
Our Journal has been Indexed by:
Diksi Journal is published by the Faculty of Languages, Arts, and Culture Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)
Supervised by: