PENINGKATAN KUALITAS PERKULIAHAN PADA MATA KULIAH PENGANTAR ILMU SASTRA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

- Hartono, FBS, UNY, Indonesia
Ahmad Wahyudin, FBS, UNY, Indonesia
- Nurhidayah, FBS, UNY, Indonesia
Dwi Hanti Rahayu, FBS, UNY, Indonesia

Abstract


Implementasi lesson study pada perkuliahan Pengantar Ilmu Sastra bertujuan untuk
meningkatkan kualitas perkuliahan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Sumber data
adalah 46 orang mahasiswa kelas B peserta mata kuliah Pengantar Ilmu Sastra 2014/2015
di Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Bahasa dan Seni Universitas
Negeri Yogyakarta. Implementasi dilaksanakan dalam empat siklus, masing-masing siklus
terdiri atas tahapan plan, do, dan see. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah
pengamatan dengan instrumen lembar pengamatan dan dokumentasi berupa foto dan
video. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil implementasi menunjukkan bahwa
pendekatan saintifik dalam lesson study dapat meningkatkan kualitas perkuliahan pada
mata kuliah Pengantar Ilmu Sastra di kelas B 2014/2015. Dalam perkuliahan, mahasiswa
menjadi lebih aktif, suasana perkuliahan menjadi lebih kondusif, diskusi kelompok dalam
pendekatan saintifik menjadi lebih hidup karena semua anggota kelompok mempersiapkan
materi diskusi dengan baik. Tahapan lima M dalam pendekatan saintifik secara keseluruhan
dapat meningkatkan peran aktif setiap mahasiswa dalam proses perkuliahan. Mereka juga
menjadi lebih antusias dan aktif dalam setiap pembelajaran. Perkuliahan yang dilakukan
juga dapat meningkatkan karakter jujur, tanggung jawab, disiplin, kerja keras, dan kreatif.
Dengan kualitas perkuliahan yang lebih baik, pemahaman mahasiswa terhadap proses
perkuliahan di perguruan tinggi menjadi baik dan pemahaman materi perkuliahan juga
menjadi lebih baik.
Kata kunci: pendekatan saintifik, lesson study, kualitas perkuliahan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v24i1.11505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 DIKSI



 

Jurnal Diksi is published by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi

 

Our Journal has been Indexed by:

  

  

   

Diksi Journal is published by the Faculty of Languages, Arts, and Culture Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)

Supervised by:


 
Translator
 
View My Stats