KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PICTURE STORIES DAN METODE VOCABULARY GAMES DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA TEKS RECOUNT PESERTA DIDIK SMP N DI KECAMATAN SLEMAN
Agus Widyantoro, PPS, UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiprestasi membaca peserta didik
yang diajar menggunakan media picture stories, metode vocabulary games, dan metode
tradisional dan perbedaan yang signifikan dalam prestasi membaca antara peserta didik
yang diajar menggunakan media picture stories dan metode vocabulary games dengan
peserta didik yang diajar menggunakan metode tradisional. Jenis penelitian ini adalah
quasi experiment dengan desain pretest-posttest, nonequivalent control group design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di seluruh SMP Negeri di
kecamatan Sleman. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling.
Teknik analisis data menggunakan statistik non-parametrik Kruskal-WallisTest. Penelitian
ini menunjukkan hasil: media picture stories, metode vocabulary games dan metode
tradisional efektif digunakan dalam pembelajaran membaca teks recount dan ada perbedaan
yang signifikan dalam prestasi membaca antara siswa yang diajar menggunakan media
picture stories, metode vocabulary games, dan metode tradisional dalam pembelajaran
membaca teks recount.
Kata Kunci: picture stories, vocabulary games, membaca teks recount
yang diajar menggunakan media picture stories, metode vocabulary games, dan metode
tradisional dan perbedaan yang signifikan dalam prestasi membaca antara peserta didik
yang diajar menggunakan media picture stories dan metode vocabulary games dengan
peserta didik yang diajar menggunakan metode tradisional. Jenis penelitian ini adalah
quasi experiment dengan desain pretest-posttest, nonequivalent control group design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di seluruh SMP Negeri di
kecamatan Sleman. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling.
Teknik analisis data menggunakan statistik non-parametrik Kruskal-WallisTest. Penelitian
ini menunjukkan hasil: media picture stories, metode vocabulary games dan metode
tradisional efektif digunakan dalam pembelajaran membaca teks recount dan ada perbedaan
yang signifikan dalam prestasi membaca antara siswa yang diajar menggunakan media
picture stories, metode vocabulary games, dan metode tradisional dalam pembelajaran
membaca teks recount.
Kata Kunci: picture stories, vocabulary games, membaca teks recount
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v24i1.11504
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 DIKSI
Jurnal Diksi is published by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi
Our Journal has been Indexed by:
Diksi Journal is published by the Faculty of Languages, Arts, and Culture Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)
Supervised by: