KEEFEKTIFAN MEDIA POWERPOINT TANPA ANIMASI DAN POWERPOINT BERANIMASI TIDAK KOHEREN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS LAPORAN
Tadkiroatun Musfiroh, PPS, UNY, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) keefektifan media Powerpoint
tanpa animasi, (2) keefektifan media Powerpoint beranimasi tidak koheren, (3) perbedaan
keefektifan antara media Powerpoint tanpa animasi dan media Powerpoint beranimasi
tidak koheren, (4) perbedaan hasil belajar antara peserta didik sekolah level rendah dan
peserta didik sekolah level tinggi, dan (5) interaksi antara media dan level sekolah, dalam
pembelajaran menulis laporan di kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan eksperimen
semu dengan desain faktorial sederhana. Populasi penelitian ini meliputi seluruh peserta
didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kawunganten dan peserta didik kelas VIII SMP Sultan
Agung Kawunganten di Kabupaten Cilacap. Dua kelas dari tiap sekolah ditentukan sebagai
sampel dengan teknik cluster sampling. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut.
(1) Media Powerpoint tanpa animasi efektif digunakan dalam pembelajaran menulis laporan
(2) Media Powerpoint beranimasi tidak koheren efektif digunakan dalam pembelajaran
menulis laporan. (3) Ada perbedaan keefektifan yang signifikan antara media Powerpoint
tanpa animasi dan media Powerpoint beranimasi tidak koheren. (4) Ada perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar peserta didik sekolah level tinggi dan peserta didik sekolah
level rendah. (5) Dalam pembelajaran menulis laporan pada peserta didik kelas VIII SMP,
tidak terdapat interaksi yang signifikan antara media dan level sekolah.
Kata Kunci: keefektifan, media Powerpoint tanpa animasi, media Powerpoint beranimasi
tidak koheren, menulis laporan
tanpa animasi, (2) keefektifan media Powerpoint beranimasi tidak koheren, (3) perbedaan
keefektifan antara media Powerpoint tanpa animasi dan media Powerpoint beranimasi
tidak koheren, (4) perbedaan hasil belajar antara peserta didik sekolah level rendah dan
peserta didik sekolah level tinggi, dan (5) interaksi antara media dan level sekolah, dalam
pembelajaran menulis laporan di kelas VIII SMP. Penelitian ini merupakan eksperimen
semu dengan desain faktorial sederhana. Populasi penelitian ini meliputi seluruh peserta
didik kelas VIII SMP Negeri 1 Kawunganten dan peserta didik kelas VIII SMP Sultan
Agung Kawunganten di Kabupaten Cilacap. Dua kelas dari tiap sekolah ditentukan sebagai
sampel dengan teknik cluster sampling. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut.
(1) Media Powerpoint tanpa animasi efektif digunakan dalam pembelajaran menulis laporan
(2) Media Powerpoint beranimasi tidak koheren efektif digunakan dalam pembelajaran
menulis laporan. (3) Ada perbedaan keefektifan yang signifikan antara media Powerpoint
tanpa animasi dan media Powerpoint beranimasi tidak koheren. (4) Ada perbedaan yang
signifikan antara hasil belajar peserta didik sekolah level tinggi dan peserta didik sekolah
level rendah. (5) Dalam pembelajaran menulis laporan pada peserta didik kelas VIII SMP,
tidak terdapat interaksi yang signifikan antara media dan level sekolah.
Kata Kunci: keefektifan, media Powerpoint tanpa animasi, media Powerpoint beranimasi
tidak koheren, menulis laporan
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v24i1.11502
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 DIKSI
Jurnal Diksi is published by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi
Our Journal has been Indexed by:
Diksi Journal is published by the Faculty of Languages, Arts, and Culture Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)
Supervised by: