PENGGUNAAN WRITTEN CORRECTIVE FEEDBACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS ESAI
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk
meningkatkan kemampuan menulis esai dengan memberikan Written Corrective Feedback
pada 11 peserta sesi IETLS Writing pelatihan IELTS Preparation Program kerjasama Pusat
Pengembangan Bahasa (P2B) UNY dan LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)
Departemen Keuangan Republik Indonesia. Instrumen penelitian untuk mengumpulkan
data berupa panduan observasi, materi tes, dan panduan catatan lapangan. Data yang
diperoleh berupa catatan hasil observasi, catatan lapangan, dan hasil karya teks yang
dihasilkan mahasiswa. Selain data tersebut, terdapat pula data kuantitatif yang diperoleh
dari hasil skor rerata pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan
memberikan written corrective feedback untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa
menulis esai dicapai peningkatan dalam keterlibatan peserta dalam proses pembelajaran
namun hasil pembelajaran yang diukur melalui pre-test dan post-test menunjukkan nilai
rerata post-test mengalami penurunan. Meskipun mengalami penurunan skor, peserta masih
berada di level yang sama sebagaimana yang terefleksikan pada hasil pre-test sebelumnya
yakni level modest users.
Kata Kunci: written corrective feedback, foreign language writing, penelitian tindakan
kelas
meningkatkan kemampuan menulis esai dengan memberikan Written Corrective Feedback
pada 11 peserta sesi IETLS Writing pelatihan IELTS Preparation Program kerjasama Pusat
Pengembangan Bahasa (P2B) UNY dan LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan)
Departemen Keuangan Republik Indonesia. Instrumen penelitian untuk mengumpulkan
data berupa panduan observasi, materi tes, dan panduan catatan lapangan. Data yang
diperoleh berupa catatan hasil observasi, catatan lapangan, dan hasil karya teks yang
dihasilkan mahasiswa. Selain data tersebut, terdapat pula data kuantitatif yang diperoleh
dari hasil skor rerata pre-test dan post-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan
memberikan written corrective feedback untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa
menulis esai dicapai peningkatan dalam keterlibatan peserta dalam proses pembelajaran
namun hasil pembelajaran yang diukur melalui pre-test dan post-test menunjukkan nilai
rerata post-test mengalami penurunan. Meskipun mengalami penurunan skor, peserta masih
berada di level yang sama sebagaimana yang terefleksikan pada hasil pre-test sebelumnya
yakni level modest users.
Kata Kunci: written corrective feedback, foreign language writing, penelitian tindakan
kelas
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/diksi.v24i1.11500
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 DIKSI
Jurnal Diksi is published by Faculty of Languages, Arts, and Culture, Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/diksi
Our Journal has been Indexed by:
Diksi Journal is published by the Faculty of Languages, Arts, and Culture Universitas Negeri Yogyakarta in collaboration with Himpunan Sarjana Kesusasteraan Indonesia (HISKI)
Supervised by: