SIKAP TENAGA LAPANGAN DIKMAS (TLD) TERHADAP PROFESI DAN PENGALAMAN KERJA KAITANNYA DENGAN ETOS KERJA TLD DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT di Daerah Istimewa Yogyakarta

Hiryanto Hiryanto,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etos kerja Tenaga Lapangan Dikmas (TLD)  sebagai tenaga kependidikan pendidikan nonformal di daerah Istimewa Yogyakarta dalam pemberdayaan masyarakat, kaitannya dengan sikap TLD terhadap profesi dan pengalaman kerja.

Pendekatan penelitian yang dipergunakan adalah exposfacto, dengan responden seluruh tenaga Lapangan Dikmas (TLD) yang ada dipropinsi DIY sebanyak 78 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi sederhana dan regresi ganda pada taraf siginifikansi 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) sikap TLD terhadap profesi mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan etos kerja TLD. Dari hasil analisis diketahui bahwa koefisien korelasinya adalah 0,740.; 2) pengalaman kerja mempunyai hubungan yang positif dengan etos kerja TLD.  Dari hasil analisis diperoleh skor koefisien korelasinya adalah 0,864; 3) sikap TLD terhadap profesi, dan pengalaman kerja  secara  bersama-sama dengan etos kerja TLD.  Dari hasil analisis di peroleh skor koefisien korelasinya adalah 0,60. Dilihat dari besarnya koefisien korelasi tersebut, hubungan sikap TLD terhadap profesi, pengalaman kerja, dengan etos kerja TLD termasuk sedang.

 

Key Word: Tenaga Lapangan Dikmas, Etos Kerja,  Profesi dan Pengalaman Kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by http://journal.uny.ac.id/index.php/diklus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats