PENDEKATAN INKLUSIF DAN DELIBERATIF DALAM PERENCANAAN PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MISKIN

RB Suharta,

Abstract


Penelitian mengenai Implementasi Pendekatan Inklusif Dan Deliberatif Dalam Perencanaan Pendidikan Kecakapan Hidup Dan Pemberdayaan Untuk Kelompok Masyarakat Miskin  bertujuan untuk mengetahui  apakah pendekatan inklusif dan deliberatif menghasilkan berbagai informasi yang dapat direkomendasikan sebagai upaya untuk meningkatkan mutu perencanaan program pemberdayan  masyarakat miskin.

Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survei terhadap  kelompok masyarakat miskin yang sedang merancang program atau sedang dan telah melaksanakan program pendidikan kecakapan hidup atau program pemberdayaan masyarakat. Fokus penelitian ini  adalah penggunaan metode dan teknik inklusif dan deliberatif dalam perencanaan program pendidikan kecakapan hidup dan pemberdayaan masyarakat pada masyarakat miskin. Metode pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif terhadap data kuantitatif, sedangkan analisis kualitatif dilakukan terhadap data yang diolah dan disajikan secara kualitatif melalui penyajian kategorik dan komparatif.

Hasil penelitian menunjukkan, terdapat 3 (tiga) program kecakapan hidup yang telah dilaksanakan yaitu: (1) kerajinan handycraft oleh PKBM Mlati di Kecamatan Umbulharjo, (2) pendidikan kejuruan prossesing 3 oleh Dinaskertrans Kabupaten Bantul di Kecamatan Jetis, dan (3) pendidikan ketrampilan pertukangan kayu oleh PKBM Candirejo di Kecamatan Jetis. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa proses deliberasi dan inklusi sudah mulai diterapkan dan  dipengaruhi oleh kapasitas masyarakat yang berdampak pada hasil program. Proses perencanaan yang melibatkan masyarakat yang dilanjutkan dengan peningkatan kapasitas masyarakat baik secara individual ataupun institusional menjadi sesuatu yang penting untuk keberhasilan  program pemberdayaan masyarakat miskin.

Kata kunci: Implementasi, Inklusif, Deliberatif, Kecakapan Hidup, Pemberdayaan Masyarakat Miskin


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by http://journal.uny.ac.id/index.php/diklus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats