PEMBELAJARAN IPS BERBASIS PENGETAHUAN DAUR HIDUP MANUSIA JAWA SEBAGAI KEARIFAN LOKAL SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH PAKEM

Sekar Purbarini Kawuryan,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang implementasi pembelajaran IPS berbasis pengetahuan daur hidup manusia Jawa sebagai kearifan lokal, dan mendapatkan data empiris tentang tingkat religiusitas siswa kelas IV SD Muhammadiyah Pakem sebelum dan setelah belajar IPS berbasis pengetahuan daur hidup manusia Jawa sebagai kearifan lokal. Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimental dengan one group pre test-post design. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) implementasi pembelajaran IPS dilakukan dengan materi yang bersumber dari pemanfaatan sumber daya alam untuk upacara daur hidup dan kebiasaan yang masih dilakukan oleh masyarakat Kecamatan Pakem, yaitu adat istiadat saat manusia dalam kandungan, saat manusia lahir, masa remaja, perkawinan, dan kematian. Pembelajaran IPS dilakukan dengan permainan teka-teki silang dan scramble. (2) Religiusitas siswa berada dalam kategori tinggi dan sangat tinggi. Keefektifan pembelajaran IPS berbasis pengetahuan daur hidup manusia Jawa dapat dilihat dari perbedaan rerata skor pretest dan postest siswa, yaitu sebesar 3,43.

 

Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Pembelajaran Daur Hidup Manusia, Kearifan Lokal


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by http://journal.uny.ac.id/index.php/diklus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats