MANAJEMEN PROGRAM KELOMPOK BERMAIN (KB) PADA SEKOLAH BINA ANAK SHOLEH (BIAS) YOGYAKARTA

Didik Kurniawan,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen program KB BIAS Palagan Yogyakarta, faktor pendukung dan faktor penghambat manajemen program KB BIAS Palagan Yogyakarta dan  manfaat manajemen program KB BIAS Palagan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian ini adalahpengelola lembaga, pendidik dan orang tua peserta didik KB BIAS. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi,wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah display data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) manajemen program KB BIAS Palagan Yogyakarta disusun sesuai dengan visi dan misi lembaga dengan menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. (2) Faktor pendukung yaitu: (a) sarana dan prasarana yang menunjang. Faktor penghambatnya yaitu : (a) terbatasnya sumber daya manusia yang menyebabkan peran ganda dalam kinerjanya. (3) Manfaat manajemen KB adalah: (a) bagi pengelola lembaga menjadikan kinerja masing masing lini secara optimal dan sesuai dengan visi dan misi lembaga, (b) bagi pendidik senantiasa mengembangkan kemampuan mengajarnya, meningkatkan kompetensi dan kualitas diri, (c) bagi orang tua manajemen yang sudah ada membuat orang tua nyaman dan tenang mempercayakan pendidikan pada KB BIAS karena kualitas pelayanan yang baik.

 

Kata kunci: manajemen, program playgroup, Sekolah Bina Anak Sholeh (BIAS) Yogyakarta


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.







Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by http://journal.uny.ac.id/index.php/diklus is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats