Adaptasi Perceived Social Media Literacy Scale (PSMLS) Versi Bahasa Indonesia

Bopa Noverina Rahmadhaningtyas, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Literasi sosial media merupakan kemampuan individu untuk bijak dalam menelaah segala informasi yang diterima di media sosial yang kaitannya dengan individu dan interaksi sosial. Pengaruh kemampuan literasi tersebut berdampak pada bagaimana masyarakat sebuah negara mencerna informasi yang beredar di internet. Berdasarkan hal tersebut peneliti bertujuan untuk mengadaptasi skala Perceived Social Media Literacy ke dalam Bahasa Indonesia agar dapat melihat bagaimana kelompok masyarakat di Indonesia menilai kemampuan literasi media sosial mereka sendiri. Metode pengembangan skala ini adalah adaptasi dimana mengubah bahasa alat ukur dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia agar dapat digunakan sesuai dengan konteks budaya yang berbeda. Tahapan adaptasi yang dilakukan adalah sebagai berikut; (1) memohon perizinan pengembang; (2) foward translation; (3) sintesis; (4) back translation; (5) review oleh pengembang; (6) field test dan uji psikometrik. Confirmatory Factor Analysis memiliki kecocokan awal tidak fit dengan RMSEA sebesar .108 namun setelah dilakukan modifikasi model menjadi fit dengan RMSEA sebesar .028. Perceived Social Media Literacy Scale juga memiliki reliabilitas dengan Cronbach Alpha dalam rentang .563 - .683. Sedangkan daya beda yang dimiliki item Skala PSML berada pada rentang .294 - .758 sehingga perlu adanya revisi pada item tertentu.


Keywords


adaptasi; skala; persepsi; media sosial; literasi

Full Text:

PDF

References


Adhiarso, D. S., & Suyanto, M. (2018). MEDIA LITERACY AND SOCIAL MEDIA USAGE ANALYSIS IN COMMUNICATION AND NON-COMMUNICATION STUDENTS OF UNIVERSITY OF AMIKOM YOGYAKARTA. INFORMASI, 48(2), 229–242. https://doi.org/10.21831/informasi.v48i2.21382

Akram, W., & Kumar, R. (2017). A Study on Positive and Negative Effects of Social Media on Society. International Journal of Computer Sciences and Engineering, 5(10), 351–354.

https://doi.org/10.26438/ijcse/v5i10.351354

Azwar, S. (2009). EFEK SELEKSI AITEM BERDASAR DAYA DISKRIMINASI TERHADAP RELIABILITAS SKOR TES. 17(1), 28–32.

Badan Pusat Statistik. (2022). Statistik Telekomunikasi Indonesia 2022.

Bawden, D. (2001). Information and digital literacies: A review of concepts. Journal of Documentation, 57(2), 218–259. https://doi.org/10.1108/EUM0000000007083

Beaton, D. E., Bombardier, C., Guillemin, F., & Ferraz, M. B. (2000). Guidelines for the Process of Cross-Cultural Adaptation of Self-Report Measures. Spine, 25(24), 3186–3191. https://doi.org/10.1097/00007632-200012150-00014

Berman, R., & Katona, Z. (2016). The Impact of Curation Algorithms on Social Network Content Quality and Structure. SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.2848526

Butler, B. S., & Matook, S. (2015). Social Media and Relationships. In The International Encyclopedia of Digital Communication and Society (pp. 1–12). Wiley. https://doi.org/10.1002/9781118767771.wbiedcs097

Cho, H., Cannon, J., Lopez, R., & Li, W. (2022). Social media literacy: A conceptual framework. New Media & Society, 146144482110685. https://doi.org/10.1177/14614448211068530

Cieślak, I., Łuszczki, J., Panczyk, M., Nowak-Starz, G., Wawrzuta, D., Jaworski, M., & Gotlib, J. (2023). Social media literacy among nursing students during the COVID-19 pandemic – does year of study matter? A nationwide cross-sectional study. Annals of Agricultural and Environmental Medicine, 30(1), 171–176. https://doi.org/10.26444/aaem/162219

Hanifah, N., Studi, P., & Konseling, B. (2014). PERBANDINGAN TINGKAT KESUKARAN, DAYA PEMBEDA BUTIR SOAL DAN RELIABILITAS TES BENTUK PILIHAN GANDA BIASA DAN PILIHAN GANDA ASOSIASI MATA PELAJARAN EKONOMI.

In SOSIO e-KONS (Vol. 6, Issue 1).

Hu, L., & Bentler, P. M. (1999). Cutoff criteria for fit indexes in covariance structure analysis: Conventional criteria versus new alternatives. Structural Equation Modeling: A

Multidisciplinary Journal, 6(1), 1–55. https://doi.org/10.1080/10705519909540118 Iskandar, A. (2023). Confirmatory Factor Analysis.

Kementerian Komunikasi dan Informatika, & Katadata Insight Center. (2022). Status Literasi Digital di Indonesia.

Manca, S., Bocconi, S., & Gleason, B. (2021). “Think globally, act locally”: A glocal approach to the development of social media literacy. Computers & Education, 160, 104025. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104025

Polanco-Levicán, K., & Salvo-Garrido, S. (2022). Understanding Social Media Literacy: A

Systematic Review of the Concept and Its Competences. International Journal of

Environmental Research and Public Health, 19(14), 8807. https://doi.org/10.3390/ijerph19148807

Revilia, D., & Irwansyah, N. (2020). Social Media Literacy: Millenial’s Perspective of Security and Privacy Awareness. JURNAL PENELITIAN KOMUNIKASI DAN OPINI PUBLIK, 24(1). https://doi.org/10.33299/jpkop.24.1.2375

Sanaky, M. M., Saleh, L. Moh., & Titaley, H. D. (2021). ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KETERLAMBATAN PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG

ASRAMA MAN 1 TULEHU MALUKU TENGAH. Simetrik, 11(1), 432–439.

Setiawati, F. A. (2017). Statistika Terapan Untuk Penelitian Pendidikan dan Sosial (1st ed., Vol. 1). Parama Publishing.

Sorayah. (2015). UJI VALIDITAS KONSTRUK BECK DEPRESSION INVENTORY-II (BDI-

II). Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia, 4(1), 1–13.

Tandoc Jr, C., H Yee, A. Z., Ong, J., Xu, D., Han, Z., Chee Han Matthew, C., Shaina Hui Yi Ng, J., Min Lim, C., Rui Jun Cheng, L., Ysa Cayabyab Licensed, M., Tandoc Jr, E. C., & Ong James Chong Boi Lee Duan Zheng Han Chew Chee Han Matthew Janelle Shaina Hui Yi Ng Cui Min Lim Lydia Rui Jun Cheng Marie Ysa Cayabyab, J. X. (2021). Developing a Perceived Social Media Literacy Scale: Evidence from Singapore. In International Journal of Communication (Vol. 15). http://ijoc.org.

Wang, Z. (2013). Instruction in Chinese academic libraries. In Academic Libraries in the US and China (pp. 51–85). Elsevier. https://doi.org/10.1016/B978-1-84334-691-3.50002-0




DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v6i1.71974

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal is Indexed by:

Crossref 

e-ISSN: 2746-122X

 

Creative Commons License
Acta Psychologia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia/.