Analisis perilaku konsumtif pada interaksi parasosial penggemar k-pop dan idolanya
DOI:
https://doi.org/10.21831/ap.v6i1.69746Keywords:
perilaku konsumtif, interaksi parasosial, k-popAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika perilaku konsumtif pada penggemar kpop karena memiliki interaksi parasosial dengan idolanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain fenomenologis. Lima subjek terlibat dalam penelitian ini. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan partisipan yang dilakukan di Kota Yogyakarta. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan Interpretative Phenomenological Analysis (IPA) untuk mengetahui interaksi parasosial yang terjadi, kegiatan yang menyebabkan penggemar berperilaku konsumtif, alasannya, dan bagaimana perasaan mereka setelah melakukan perilaku konsumtif tersebut. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa penggemar menganggap idol kpop adalah penghibur, inspirasi, penyelamat, memberi motivasi. Sehingga dalam menunjukkan rasa cintanya penggemar membeli tiket konser, barang/merchandise dari idolanya, dan menghabiskan data internet untuk streaming untuk mendukung idolanya. Hal tersebut merupakan perilaku konsumtif karena mereka melakukannya hanya untuk kesenangan semata tanpa memikirkan kebutuhan yang lebih penting.References
Ancok, D. (1995). Nuansa Psikologi Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azzahra, M. S., & Ariana, A. D. (2021). Psychological wellbeing penggemar k-pop dewasa awal yang melakukan celebrity worship. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental (BRPKM), 1(1), 137–148. https://doi.org/10.20473/brpkm.v1i1.24729
Creswell, J. W. (2007) Qualitative inquiry & research design choosing among five. Apporoaches. California: Sage Publication Inc.
Derrick, J.L., Gabriel, S., & Tippin, B. (2008). Parasocial relationship and self-discrepancies: Faux relationships have benefits for low self-esteem individuals. Personal Relationships, 15(2), 261-280
Fromm., E. (1995). Masyarakat yang Sehat. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Ghazwani, S. A. (2019). Antara A.R.M.Y. Surabaya dengan orang di sekitarnya. Kata Kunci: Ilmu Politik Dan Komunikasi, 4(2).
Giles, D. C. (2002). Parasocial interaction: A review of the literature and a model for future research. Journal of Media Psychology, 4(3), 297-305.
Harvey, J. H. & Manusov, V. (2001). Attribution, communication behavior, and close relationship. Cambridge: Cambridge University Press.
Horton, D. & Wohl, R. R. (1956). Mass communication and para-social interaction: Observations on intimacy at a distance. Journal of Psychiatry.
Inilah 10 negara dengan k-pop stan terbesar tahun 2019 berdasarkan data youtube, ada Indonesia? (2019, August) WowKeren. Retrieved from: https://wowkeren.com/berita/tampil/00269788.html
Jarzyna, C.L. (2021). Parasocial interaction, the covid-19 quarantine, and digital age media. Hu Arenas 4, 413–429. https://doi.org/10.1007/s42087-020-00156-0
Kotler, P. (2005). Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Jakarta : PT Indeks Kelompok Gramedia.
La Kahija, Y. F. (2017). Penelitian fenomenologis: Jalan memahami perjalanan hidup. Yogyakarta : Kanisius.
Lee, W. J. (2015). The effect of the korean wave (hallyu) star and receiver characteristics on tv drama satisfaction and intention to revisit. Internal Journal of Science and Technology, 8(11), 347-356
Makin populer, tahun 2018 ada 89 juta penggemar Korea di seluruh dunia. (2019, January). Jawa Pos. Retrieved from: https://www.jawapos.com/entertainment/infotainment/13/01/2019/makin-populer tahun-2018-ada-89-juta-penggemar-korea-di-seluruh-dunia/
Maltby, J., Giles, D. C., Barber, L., & McCutcheon, L. E. (2005). Intense personal celebrity worship and bodyimage: Evidence of a link among female adolescents. Journal of Health Psychology, 10, 17-32
Nur'afifah, O., Farida, N., & Lestari, F. D. (2019). Parasocial interaction on social media: Can it affect parasocial relationship?. Jurnal InterAct, 8(2), 24–35
Seregina, A., Koivisto, E., Mattila, P. (2011). Fanaticism - Its development and meanings in consumers' lives. Retrieved from : www.aaltomediamark.org
Smith, J. A., Flowers, P., & Larkin, M. (2009). Interpretative phenomenological analysis theory, method and research. London Sage.
Tashandra, N. (2021). Netizen Indonesia di urutan teratas tweet terbanyak soal kpop. Retrieved from kompas.com website: https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/31/101251120/netizen-indonesia-di-urutan-teratas-tweet-terbanyak-soal-kpop
Wulandari, K., Sugandi, & Hairunnisa (2023). Parasocial interaction and loyalty levels of teenagers ending korean pop (k-pop) fans in Samarinda. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(2), 2160-2172
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Acta Psychologia allows readers to read, download, copy, distribute, print, search, or link to its articles' full texts and allows readers to use them for any other lawful purpose. The journal allows the author(s) to hold the copyright without restrictions. Finally, the journal allows the author(s) to retain publishing rights without restrictions
- Authors are allowed to archive their submitted article in an open access repository
- Authors are allowed to archive the final published article in an open access repository with an acknowledgment of its initial publication in this journal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.