Hubungan Regulasi Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Sedang Menyusun Skripsi

M Ammar Muntazhim,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post facto. Subjek dari penelitian ini berjumlah 264 mahasiswa Angkatan 2017 Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Yogyakarta. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner online yang disebar melalui media sosial. Validitas skala penelitian menggunakan validitas isi yang dilakukan dengan bantuan expert judgement. Reliabilitas skala penelitian ini berupa reliabilitas Alpha Cronbach dengan reliabilitas skala regulasi diri 0,89 dan skala prokrastinasi akademik 0,95. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan negatif antara regulasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. Mahasiswa yang memiliki regulasi diri yang tinggi cenderung melakukan prokrastinasi akademik secara rendah ketika menyusun skripsi, begitu juga sebaliknya


Keywords


Self-regulation, academic procrastination, and student in making skripsi.

Full Text:

PDF

References


Ardina, P. R. A., & Wulan, D. K. (2016). Pengaruh regulasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 30(2), 67-76.

Azwar, S. (2016). Penyusunan skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bandura. A. (1991). Social cognitive theory of self-regulation. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50, 248-287.

Burka, J. B., & Yuen, L. M. (2008). Procrastination: Why you do it, What to do about it now. Cambridge: Da Capo Press.

Ferrari, J. R., Jonhson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. New York: Plenum Press.

Fischer, C. (1999). Read this paper later: Procrastination with time-inconsistent preference. New York: Resource for The Future.

Mayasari, M. D., Dewi, M., & Weni, E. W. (2010). Hubungan antara persepsi mahasiswa terhadap metode pengajaran dosen dengan kecenderungan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Hang Tuah Surabaya. Jurnal Insan, 12(2) 95-103.

Neal, D., & Carey, K. (2005). A follow-up psychometric analysis of the self- regulation questionnaire. Psychology of Addictive Behaviors, 19(4), 414–422.

Pramedyasari, D. (2012). Prokrastinasi dan task aversiveness tugas makalah pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Journal Calyptra, 1(1), 1-16.

Santrock, J. W. (Ed). (2005). Educational Psychology. New York, Boston: McGraw-Hill.

Setiawati, F. A. (2017). Statistika terapan untuk penelitian Pendidikan dan Sosial. Yogyakarta: Parama Publishing.

Slovin, M. J. (1960). Sampling. New York: Simon and Schuster Inc.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Watson, L.A. Clark, A. Tellegen. (1989). Development and validation of brief measures of positive and negative affect: the PANAS scales. Journal of Personality and Social Psychology, 54(6), 1063-1070.

Wicaksana, B. (2014). Hubungan antara regulasi diri dengan prokratinasi tugas akhir skripsi pada mahasiswa Prodi BK UNY. (Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta) dikutip dari https://eprints.uny.ac.id/13345/.

Woolfolk, A. (2009). Educational Psychology active learning edition (Penerjemah: Helly Prajitno Soetjipto). Boston: Pearson Education, Inc.

You, J. W. (2015). Examining the effect of academic procrastination on achievement using lms data in e- learning. Journal of Educational Technology & Society, 18 (3), 64–74.

Zimmerman, B. J. (1989). A social cognitive view of self-regulated academic learning. Journal of Educational Psychology, 81(3), 329–339.

Zimmerman, B. J. (Ed). (2000). Attaining self-regulation. San Diego: Academic Press




DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v4i1.47654

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal is Indexed by:

Crossref 

e-ISSN: 2746-122X

 

Creative Commons License
Acta Psychologia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia/.