Pengaruh Optimisme Terhadap Kesejahteraan Subjektif pada Mahasiswa yang Mengerjakan Tugas Akhir
Yulia Ayriza, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh optimisme terhadap kesejahteraan subjektif pada mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Sampel penelitian berjumlah 254 mahasiswa dengan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Skala yang digunakan merupakan skala optimisme dan skala kesejahteraan subjektif, dimana skala kesejahteraan subjektif terdiri dari subskala PANAS dan subskala kepuasan hidup. Validitas pada skala optimisme menggunakan validitas isi yang diuji melalui expert judgement, validitas faktorial subskala PANAS yakni antara 0,89-0,95; dan validitas konkuren subskala kepuasan hidup 0,73. Reliabilitas pada skala kesejahteraan subjektif adalah 0,814 dan reliabilitas skala optimisme adalah 0,823. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh optimisme yang positif dan signifikan terhadap kesejahteraan subjektif (0,000<0,05) dengan garis regresi yang didapatkan yakni Y = 33,631 + 0,901X. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa optimisme mampu memprediksi kesejahteraan subjektif mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir.
Kata Kunci: Kesejahteraan Subjektif; Mahasiswa yang Mengerjakan Tugas Akhir;
Optimisme.
Full Text:
PDFReferences
Ali, U. & Zaman, N. I. (2014). Optimism as a predictor of life satisfication among pakistani university students. Pakistan Journal of Clinical Psychology, 13(2), 59-70.
Andartyastuti, S., Maslihah, S., & Chitidjah, S. (2015). Hubungan antara coping strategy dengan subjective well-being pekerja seks komersial di Kota Bandung. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM (SNaPP) Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, Bandung: UNISBA, 5(1), 677-682.
Anic, P. & Tonic, M. (2013). Orientation to happiness, subjective well-being and life goals. Psychological Topics, 22(1), 135-153.
Ardelt, M., & Edwards, C. A. (2015). Wisdom at the end of life: An analysis of mediating and moderating relations between wisdom and subjective well-Being. The Journals of Gerontology. Series B, Psychological Sciences and Social Sciences, 71(3), 502-513. https://doi.org/10.1093/geronb/gbv051
Ayriza, Y., Setiawati, F.A., Nurhayati, S.R., et al. (2019). Does sleep quality serve as a mediator between well-being and academic achievement?. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(1), 63-74. https://doi.org/10.21831/cp.v38i1.22181
Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Azwar, S. (2019). Penyusunan skala psikologis (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Chang, E. C., Yi, S., Liu., J., et al. (2019). Coping behaviors as predictors of hedonic well being in asian indians: does being optimistic still make a diference?. Journal of Happiness Studies, 21(1), 289-304. https://doi.org/10.1007/s10902-019-00087-w
Damariatna, K. D. (2020). Regulasi emosi, lama pasien menjalani terapi, dan penerimaan diri atas. Acta Psychologia, 2(1), 1-14. DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v1i1.34112
Diener, E., Emmons, R. A., Larsen, R. J., et al. (1985). The satisfaction with life scale. Journal of Personality Assessment, 49(1), 71–75. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa4901_13
Duy, B. & Yildiz, M. A. (2019). The mediating role of self-esteem in the relationship between optimism and subjective well-being. Current Psychology, 38(6) 1456–1463. https://doi.org/10.1007/s12144-017-9698-1
Intani, Z., & Indati, A. (2019). Peranan Wisdom terhadap subjective well-being pada dewasa awal. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 141-150.
http://dx.doi.org/10.22146/gamajop.44105
Khoirunnisa A. & Ratnaningsih, I. Z. (2017). Optimisme dan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 5(1), 1-4. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/14936
Kholidah, E. N. & Alsa, A. (2012). Berfikir positif untuk menurunkan stres psikologis. Jurnal Psikologi, 39(1), 67-75. https://doi.org/10.22146/jpsi.6967
Liu, Y. (2012). The influence of news media on optimism about retrospective and prospective economic issues as sources of social capital: tracing the effects by a path model. International Journal of Humanities and Social Science, 2(8), 1-11.http://www.ijhssnet.com/journals/Vol_2_No_8_Special_Issue_April_2012/1.pdf
Ndayambaje, E., Pierewan, A., Nizeyumukiza, E., Nkundimana, B., & Ayriza, Y. (2020). Marital status and subjective well-being: does education level take into account?. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(1), 120-132. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.29620
Santrock, J. W. (2012). Life span development (Ed 12 Jilid 2). Jakarta: Erlangga
Seligman, M. E. P. (2008). Menginstal optimisme bagaimana cara mengubah pemikiran dan kehidupan anda. (Terjemahan Budhy Yogapranata). Bandung: Momentum.
Setiawati, F. A. (2017). Statistika terapan untuk penelitian pendidikan dan sosial. Yogyakarta: Parama Publishing.
Syarafina, S. O., Nurdibyanandaru, D., & Hendriani, W. (2019). Pengaruh optimisme dan kesadaran diri terhadap adversity quotient mahasiswa skripsi sambil bekerja. Cognicia, 7(3), 295-307. https://doi.org/10.22219/COGNICIA.Vol7.No3.295-307
Utami, M. (2015). Keterlibatan dalam Kegiatan dan Kesejahteraan Subjektif Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 36(2), 144-163. http://dx.doi.org/10.22146/jpsi.7892
Watson, D., Clark, L. A., & Tellegen, A. (1988). Development and validation of brief measures of positive and negative affect: The PANAS scales. Journal of Personality and Social Psychology, 54(6), 1063–1070. https://doi.org/10.1037/0022-3514.54.6.1063
Widarto. (Juni 2013). Penelitian ex post facto. Makalah disajikan dalam Kegiatan Pelatihan Metodologi Penelitian, di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Yovita, M. & Asih, S.R. (2018). The effect of academic stress and optimism on subjective well-being among first-year undergraduates. Proceedings of the asia-pacific research in social sciences and humanities, Indonesia, 559-564. https://doi.org/10.1201/9781315225302-70
Yu, Y. & Luo, J. (2018). Dispositional optimism and well-being in college students: self-efficacy as a mediator. Social Behavior and Personality, 46(5), 783-792. https://doi.org/10.2224/sbp.6746
DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v3i2.43405
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Our Journal is Indexed by:
Acta Psychologia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia/.