Pengaruh Optimisme Terhadap Kesejahteraan Subjektif pada Mahasiswa yang Mengerjakan Tugas Akhir

Anin Ditha Putri Dewanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Yulia Ayriza, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh optimisme terhadap kesejahteraan subjektif pada mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Sampel penelitian berjumlah 254 mahasiswa dengan kuesioner sebagai alat untuk mengumpulkan data. Skala yang digunakan merupakan skala optimisme dan skala kesejahteraan subjektif, dimana skala kesejahteraan subjektif terdiri dari subskala PANAS dan subskala kepuasan hidup. Validitas pada skala optimisme menggunakan validitas isi yang diuji melalui expert judgement, validitas faktorial subskala PANAS yakni antara 0,89-0,95; dan validitas konkuren subskala kepuasan hidup 0,73. Reliabilitas pada skala kesejahteraan subjektif adalah 0,814 dan reliabilitas skala optimisme adalah 0,823. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh optimisme yang positif dan signifikan terhadap kesejahteraan subjektif (0,000<0,05) dengan garis regresi yang didapatkan yakni Y = 33,631 + 0,901X. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa optimisme mampu memprediksi kesejahteraan subjektif mahasiswa yang mengerjakan tugas akhir.

 

Kata Kunci: Kesejahteraan Subjektif; Mahasiswa yang Mengerjakan Tugas Akhir;

Optimisme.


Full Text:

PDF

References


Ali, U. & Zaman, N. I. (2014). Optimism as a predictor of life satisfication among pakistani university students. Pakistan Journal of Clinical Psychology, 13(2), 59-70.

Andartyastuti, S., Maslihah, S., & Chitidjah, S. (2015). Hubungan antara coping strategy dengan subjective well-being pekerja seks komersial di Kota Bandung. Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan PKM (SNaPP) Sosial, Ekonomi, dan Humaniora, Bandung: UNISBA, 5(1), 677-682.

Anic, P. & Tonic, M. (2013). Orientation to happiness, subjective well-being and life goals. Psychological Topics, 22(1), 135-153.

Ardelt, M., & Edwards, C. A. (2015). Wisdom at the end of life: An analysis of mediating and moderating relations between wisdom and subjective well-Being. The Journals of Gerontology. Series B, Psychological Sciences and Social Sciences, 71(3), 502-513. https://doi.org/10.1093/geronb/gbv051

Ayriza, Y., Setiawati, F.A., Nurhayati, S.R., et al. (2019). Does sleep quality serve as a mediator between well-being and academic achievement?. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 38(1), 63-74. https://doi.org/10.21831/cp.v38i1.22181

Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Azwar, S. (2019). Penyusunan skala psikologis (Edisi 2). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Chang, E. C., Yi, S., Liu., J., et al. (2019). Coping behaviors as predictors of hedonic well being in asian indians: does being optimistic still make a diference?. Journal of Happiness Studies, 21(1), 289-304. https://doi.org/10.1007/s10902-019-00087-w

Damariatna, K. D. (2020). Regulasi emosi, lama pasien menjalani terapi, dan penerimaan diri atas. Acta Psychologia, 2(1), 1-14. DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v1i1.34112

Diener, E., Emmons, R. A., Larsen, R. J., et al. (1985). The satisfaction with life scale. Journal of Personality Assessment, 49(1), 71–75. https://doi.org/10.1207/s15327752jpa4901_13

Duy, B. & Yildiz, M. A. (2019). The mediating role of self-esteem in the relationship between optimism and subjective well-being. Current Psychology, 38(6) 1456–1463. https://doi.org/10.1007/s12144-017-9698-1

Intani, Z., & Indati, A. (2019). Peranan Wisdom terhadap subjective well-being pada dewasa awal. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 3(3), 141-150.

http://dx.doi.org/10.22146/gamajop.44105

Khoirunnisa A. & Ratnaningsih, I. Z. (2017). Optimisme dan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Jurnal Empati, 5(1), 1-4. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/14936

Kholidah, E. N. & Alsa, A. (2012). Berfikir positif untuk menurunkan stres psikologis. Jurnal Psikologi, 39(1), 67-75. https://doi.org/10.22146/jpsi.6967

Liu, Y. (2012). The influence of news media on optimism about retrospective and prospective economic issues as sources of social capital: tracing the effects by a path model. International Journal of Humanities and Social Science, 2(8), 1-11.http://www.ijhssnet.com/journals/Vol_2_No_8_Special_Issue_April_2012/1.pdf

Ndayambaje, E., Pierewan, A., Nizeyumukiza, E., Nkundimana, B., & Ayriza, Y. (2020). Marital status and subjective well-being: does education level take into account?. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 39(1), 120-132. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.29620

Santrock, J. W. (2012). Life span development (Ed 12 Jilid 2). Jakarta: Erlangga

Seligman, M. E. P. (2008). Menginstal optimisme bagaimana cara mengubah pemikiran dan kehidupan anda. (Terjemahan Budhy Yogapranata). Bandung: Momentum.

Setiawati, F. A. (2017). Statistika terapan untuk penelitian pendidikan dan sosial. Yogyakarta: Parama Publishing.

Syarafina, S. O., Nurdibyanandaru, D., & Hendriani, W. (2019). Pengaruh optimisme dan kesadaran diri terhadap adversity quotient mahasiswa skripsi sambil bekerja. Cognicia, 7(3), 295-307. https://doi.org/10.22219/COGNICIA.Vol7.No3.295-307

Utami, M. (2015). Keterlibatan dalam Kegiatan dan Kesejahteraan Subjektif Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 36(2), 144-163. http://dx.doi.org/10.22146/jpsi.7892

Watson, D., Clark, L. A., & Tellegen, A. (1988). Development and validation of brief measures of positive and negative affect: The PANAS scales. Journal of Personality and Social Psychology, 54(6), 1063–1070. https://doi.org/10.1037/0022-3514.54.6.1063

Widarto. (Juni 2013). Penelitian ex post facto. Makalah disajikan dalam Kegiatan Pelatihan Metodologi Penelitian, di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Yovita, M. & Asih, S.R. (2018). The effect of academic stress and optimism on subjective well-being among first-year undergraduates. Proceedings of the asia-pacific research in social sciences and humanities, Indonesia, 559-564. https://doi.org/10.1201/9781315225302-70

Yu, Y. & Luo, J. (2018). Dispositional optimism and well-being in college students: self-efficacy as a mediator. Social Behavior and Personality, 46(5), 783-792. https://doi.org/10.2224/sbp.6746




DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v3i2.43405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal is Indexed by:

Crossref 

e-ISSN: 2746-122X

 

Creative Commons License
Acta Psychologia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia/.