Pengaruh Bullying terhadap Harga Diri Siswa Sekolah Dasar

Diah Fara Sasanti Ayu Tantono,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bullying terhadap harga diri siswa yang menjadi korban bullying. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian sebanyak 220 siswa kelas IV dan V MI Negeri 1 Bantul tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 147 responden. Pengambilan data menggunakan skala bullying dan skala harga diri. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Adapun keabsahan data diuji menggunakan validitas isi dengan expert judgment, sedangkan reliabilitas dihitung dengan menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan uji regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh bullying terhadap harga diri siswa yang menjadi korban bullying. Tidak adanya pengaruh bullying terhadap harga diri diduga dipengaruhi oleh faktor bullying yang tidak mempengaruhi harga diri secara langsung. Penurunan harga diri merupakan dampak jangka panjang dari bullying, serta bullying hanya meningkatkan risiko penurunan harga diri korban di kemudian hari

Keywords


bullying, harga diri, siswa korban bullying

Full Text:

PDF PDF

References


Abdulsalam, A. J., Al Daihani, A. E., & Francis, K. (2017). Prevalence and associated factors of peer victimization (bullying) among grades 7 and 8 middle school students in Kuwait. International Journal of Pediatrics, 1(8), 1-9.

Aini, D. F. N. (2018). Self esteem pada anak usia sekolah dasar untuk pencegahan kasus bullying. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD. Vol. 6 No.1, hlm.36-46

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Austin, S., & Joseph, S. (1996). Assesment of bully/victims problem in 8 to 11 year-olds. British Journal of Educational Psychology. 66, 447- 456.

Baron, R. A. & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial (10th ed.). Jakarta: Erlangga.

Beane, A.L. (2008). Protect your child from bullying: Expert advice to help you recognize, prevent, and stop bullying before your child gets hurt. San Fransisco: Jossey Bass. hlm.24-40.

Beck, A.T. (1986). Hopelessness as a predictor of eventual suicide. Annals of The New York Academy of Sciences. 487, 90-96.

Besag, V.E. (1989). Bullies and victims in schools. England: Open University Press.

Blascovich, L., & Tomaka, J. (1991). Measures of self- esteem. In J.P. Robinson, P. R. Shaver, & L. S. Wrightsman (Eds.), Measures of personality and social psychological attitudes (Vol. 1, 115-160). San Diego, CA: Academic Press.

Burns, S., Maycock, B., Cross., & Brown,G. (2009). The power of peers: Why some students bully others to conform. Qualitative Health Research 18(12): 1704-16. Retrieved from: http://www.researchgate.net. (diakses pada 24 Desember 2018).

Cassidy, T. (2009). Bullying and victimization in school children: The role of social identity, problem- solving style, and family and school context. Social Psychology Education, 12, 63-76.

Chaplin, J.P. (2001). Kamus lengkap psikologi (Terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: Raja Graindo Perkasa.

Coetzee, M. (2005). Disgrace. University of Pretoria ets. (Terjemahan Indah Lestari). Retrieved from: http://upetd.up.ac.za (diakses pada 24 Desember 2018). Coloroso, B. (2007). Stop bullying. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Coopersmith, S. (1967). The antecedents of self-esteem. San Fransisco: W.H. Freeman and Company. hlm.38-41

Dariuzky, G. (2004). Membangun harga diri. Bandung: CV. Ponir Jaya.

Dariyo, A. (2007). Psikologi Perkembangan. Bandung: PT. Refika Aditama.

Dayaksini, T. & Hudaniah. (2006). Psikologi sosial. Malang: UMM Press.

Dolan, S. L. (2007). Stress, self esteem, health and work. New York: Palgrave Macmillan. hlm.50.

Eleni, Politi. (2014). School bullying: The phenomenon, the prevention and the intervention. Procedia- Social and Behavioral Sciences. 152, 268-271.

Elliot, M. (Ed). (1994). Keeping safe: A practical guide to talking with children. London: Hooder and Stoughton.

Erdley, C.A., Cain, K., Loomis, C.C., Dumas-Hines, F., & Dweck, C.S. (1997). Relations among children’s social goals, implicit personality theories, and responses to social failure. Developmental Psychology. 33(2): 263-72. [Online]. Retrieved from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov.

Febriana, B., Poeranto, S., & Kapti, R. E. (2016). Pengaruh terapi kognitif terhadap harga diri remaja korban bullying. Jurnal Ilmu Keperawatan. Vol.4 No. 1.

Furchan, A. (1982). Pengantar penelitian dalam pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Ghozali, I. (2012). Aplikasi analisis multivariate dengan program ibm spss. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Harre, R., & Lamb, R. (1996). Ensiklopedi psikologi: Pembahasan dan evaluasi lengkap berbagai topik, teori, riset dan penemuan baru dalam ilmu psikologi (Terjemahan Danuyasa Asihwardji). Jakarta: Arcan




DOI: https://doi.org/10.21831/ap.v1i2.43143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Our Journal is Indexed by:

Crossref 

e-ISSN: 2746-122X

 

Creative Commons License
Acta Psychologia is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/acta-psychologia/.