Perbedaan Organizational Citizenship Behavior Guru Sekolah ditinjau dari Jenis Kelamin

Authors

  • Rahma Wiranti Lestari

DOI:

https://doi.org/10.21831/ap.v1i2.43141

Keywords:

organizational citizenship behavior, guru, jenis kelamin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Organizational Citizenship Behavior (OCB) pada guru Sekolah Dasar yang ditinjau dari jenis kelamin. Penelitian ini dilakukan pada guru Sekolah Dasar Kecamatan Gedongtengen dengan populasi guru sejumlah 63 subjek. Pengumpulan data menggunakan skala Organizational Citizenship Behavior yang terdiri dari 5 aspek yaitu conscientiousness, sportsmanship, civic virtue, courtesy, dan altruism. Pengujian validitas dan reliabilitas skala OCB menggunakan uji ahli dan uji reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,853. Sementara itu, untuk uji perbedaan digunakan independent samples t-Test. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan OCB pada guru laki-laki dan perempuan. Pada uji hipotesis yang dilakukan, diperoleh hasil (t = 2,612; df 57; p<0.005) hal itu menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok guru laki-laki dan perempuan. Berdasarkan hasil perhitungan, didapatkan hasil OCB guru laki-laki lebih tinggi dibandingkan guru perempuan

References

Ahdiah, I. (2013). Peran-peran perempuan dalam masyarakat. Jurnal Academica , 5(2), 1085-1092.

Dewi, R.M. & Perdhana, M.S. (2016). Peran gender, usia, dan tingkat pendidikan terhadap organizational citizenship behavior (OCB). 5, 1-9.

Duffy, J.A., & Lilly, J. (2013). Do individual needs moderate the relationships between organizational citizenship behavior, organizational trust and perceived organizational support?. Journal of Behavioral and Applied Management, 14, 185.

Jafari, P., & Bidarian, S. (2012). The relationship between organizational justice and organizational citizenship behavior. Procedia- Social and Behavioral Sciences, 47, 1815– 1820.

Katz, D. (1964). The motivational basis of organizational behaviour. Behavioural Science, 9, 131-146.

Morrison, E.W. (1994). Role definitions and organizational citizenship behavior: The importance of the employee's perspective. Academy of management journal, 37, 1543-1567.

Organ, D.W. (1988). Organizational citizenship behavior: The good soldier syndrome. Lexington, MA: Lexington Books. Punia, A.P. & Shyam,

R . (2017). Gender difference in of organisational behavior (OCB) and motives underlying OCB. Psychology and Behavioral Science International Journal. 2, 1-5.

Rida, M., Dantes, N. & Dantes, K.R. (2013). Hubungan motivasi kerja, masa kerja dan kesejahteraan guru terhadap profesionalisme guru sekolah dasar negeri di Gugus II Kecamatan Sukasada. E-journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 3, 1-10.

Sari, R., Sampeadi, & Sunardi. (2018). Perbedaan organizational citizenship behavior (OCB), kepuasan kerja dan stres kerja berdasarkan gender pada perawat instalasi rawat inap RSD Balung Kabupaten Jember. Bisma, 12, 31-340.

Siegel. S. (1994). Statistik non parametrik untuk ilmu- ilmu sosial. Jakarta: Gramedia

Sudijono, A. (2008). Pengantar statistik pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&B. Bandung: Alfabeta.

Titisari, P. (2014). Peranan organizational citizenship behavior (OCB) dalam meningkatkan kinerja karyawan. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Yusri. (2013). Statistika sosial: aplikasi dan interpretasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Downloads

Published

2021-10-02

How to Cite

Lestari, R. W. (2021). Perbedaan Organizational Citizenship Behavior Guru Sekolah ditinjau dari Jenis Kelamin. Acta Psychologia, 1(2), 149–154. https://doi.org/10.21831/ap.v1i2.43141

Issue

Section

Articles