MANFAAT SOSIAL EKONOMI HUTAN LINDUNG BAGI PENDUDUK SEKITARNYA (Studi Kasus di Lereng Merapi Bagian Selatan, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, DIY)

Hastuti Hastuti, UNY, Indonesia

Abstract


Abstrak

Penelitian mengenai keadaan social ekonomi penduduk sekitar hutan linduung bagi  penduduk sekitarnya di lereng Merapi bagian selatan ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana keadaan social ekonomi penduduk dilihat dari tingkat pedndidikan, mata pencaharian dan penguasaan lahannya, pendapatan dan tingkat kemiskinan penduduk sekitar hutan lindung,(2) Manfaat apa saja yang dapat diperoleh penduduk dari hutan lindung.Sebagian responden diambil 80 kepala keluarga masing-masing 40 kepala keluarga dari dua dusun yan berbeda aksesibilitasnya. Pengolahan data hasil penelitian dilakukan menggunakan Tabulasi silang, table frekuensi, indeks Gini.Hasil penelitian menunjukan bahwa mata pencaharian penduduk dengn aksesibilitas lebih baik ternyata lebih bervariasi meskipun tingkat pendidikan dan luas penguasaan lahan dan distribusi penguasaan lahannya hamper sama. Pendapatan rumah tangga di dusun dengan aksesibilitas lebih baik ternyata mempunyai rerata lebih tinggi dibanding  dusun dengan aksesibilitas kurang menguntungkan, dengan demikian penduduk yang hidup dibawah garis kemiskinan persentasenya juga lebih kecil. Kemungkinan memperoleh pendapatan di luar usaha tani yang lebih luas memberi dampak pada peningkatan pendapatan rumah tangga sehingga kesempatan melepaskan penduduk dari lilitan kemiskinan lebih terbuka. Hutan lindung mempunyai manfaat yang lebih bervariasi di dusun yang memiliki aksesiblitas lebih baik antara lain sebagai tempat wisata sehingga penduduk memperoleh kesempatan untuk mendapatkan tempat wisata sehingga penduduk memproleh keempatan untuk mendapatkan sumber pendapatan dengan berdagang, mencari rumput untuk makan ternak, mencari kayu bakar dan mencari hasil hutan seperti jenis rumput gajah, bunga edelweiss(bunga abadi). Di dusun dengan aksesibilitas kurang menguntungkan manfaat hutan lindung bagi penduduk hanya untuk merumput dan mencari kayu bakar. Penduduk memanfaatkan hutan lindung atas prakarsa dinas kehutanan tanpa harus menganggu kelestarian hutan lindung sehingga menguntungkan kedua pihak.



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v3i3.5366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




p-ISSN: 1412-4009 || e-ISSN: 2528-6722

Indexed by:

      

  


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

 

Flag Counter