Representasi kesenjangan sosial dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S. Khairen

Abdul Hafiizh A., Universitas Nasional, Indonesia
Kurnia Rachmawati, Universitas Nasional, Indonesia
Arju Susanto, Universitas Nasional, Indonesia

Abstract


Penelitian ini didasari oleh pandangan bahwa pada dasarnya sastra merupakan proses cerminan dari realitas yang ada dalam tatanan masyarakat. Hubungan antara sastra dengan masyarakat akan selalu berdekatan, dan saling berhubungan satu sama lain. Tujuan penelitian ini dibuat yang pertama adalah untuk memenuhi tugas sebagai mahasiswa dan yang kedua adalah mengetahui kesenjangan sosial apa saja yang terdapat dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas karya J.S. Khairen. Jenis metode penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Menurut Koentjaraningrat (1993: 89) penelitian kualitatif adalah desain penelitian yang memiliki tiga format. Ketiga format tersebut adalah penelitian deskriptif, verifikasi, dan format grounded research. Hasil yang penulis dapat adalah ternyata dalam novel Kami (Bukan) Sarjana Kertas terdapat beberapa kesenjangan sosial yang ada, seperti kesenjangan sosial ekonomi (kemiskinan), pendidikan, lingkungan, lapangan pekerjaan, serta status sosial. Kesenjangan sosial tersebut sangat mencerminkan apa yang ada dalam kenyataan bahwa sebagian besar masyarakat masih mengalami hal-hal seperti di atas. Terdapat banyak perbedaan di antara sekitar yang akhirnya menimbulkan kesenjangan sosial.

Kata kunci: kesenjangan sosial, karya sastra, masyarakat


Keywords


kesenjangan sosial, karya sastra, masyarakat

References


(n.d.). Retrieved from Badan Pusat Statistik: https://www.bps.go.id/

BPMPK - KEMDIKBUD. (n.d.). Retrieved from m-edukasi.kemdikbud.go.id: https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/medukasi/produk-files/kontenkm/km2016/KM201628/materi1.html

Hidayat, A. (2017). KESENJANGAN SOSIAL TERHADAP PENDIDIKAN SEBAGAI PENGARUH ERA GLOBALISASI. Jurnal Justisi Hukum, Vol 2, No. 1, September 2017, 15-25.

Lubis, A. A. (2019). HUBUNGAN STATUS SOSIAL ORANG TUA SISWA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI MTS AL-WASLIYAH K.L. YOS SUDARSO NO.1 KM 6 TANJUNG MULIA MEDAN - Lubis, Ahmad Arief Husyain Adya (2019). 11-32.

Nur Farida, E. F. (2019). REPRESENTASI KESENJANGAN SOSIAL-EKONOMI MASYARAKAT PESISIR DENGAN PERKOTAAN DALAM NOVEL GADIS PANTAI KARYA PRAMODYA ANANTA TOER. KEMBARA: Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Vol 5, No. 1, April, 2019, 74-90.

Regina Dewi Kemalasari, A. A. (2021). Representasi Sosial Masyarakat dalam Film Parasite: Kajian Semiotika Roland Barthes. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Volume 21, Nomor 1, April 2021, 123-136.

Sulistiyana, P. (2014). REPRESENTASI KEMISKINAN DALAM NOVEL JATISABA KARYA RAMAYDA AKMAL (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA). Jurnal Bahtera Sastra Indonesia, No. 1, Agustus 2014.

Sutopo, O. R. (2013). FAKTOR STRUKTURAL DAN KULTURAL PENYEBAB KESENJANGAN SOSIAL: KASUS INDUSTRI BATIK PAMEKASAN MADURA. Jurnal Komunitas 5 (2) (2013), 230-239.

Syukur, S. A. (2021). Kajian Sosiologi Sastra Dalam Novel Hujan Bulan Juni Karya Sapardi Djoko Damono Dan Pemanfaatanya Sebagai Video Pembelajaran Novel Di SMA. 4-19.

Tingginya Angka Putus Sekolah di Indonesia. (2017). Retrieved from ugm.ac.id: https://cpps.ugm.ac.id/tingginya-angka-putus-sekolah-di-indonesia-cnn-indonesia/

Wiyatmi. (2013). Sosiologi Sastra. Kanwa Publisher.




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v27i2.52596

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 1412-4009 || e-ISSN: 2528-6722

Indexed by:

      

  


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

 

Flag Counter