Pemerolehan fonologi bahasa Jawa pada anak usia 2,5 tahun: Kajian psikolinguistik

Fakhrizaldi Mufti Dzikriya, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Avi Meilawati, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemerolehan bahasa pertama dengan fokus pada tataran fonologi pada anak perempuan 2,5 tahun. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Waktu penelitian selama 4 bulan yakni sejak bulan Februari 2021 hingga bulan Juni 2021 dengan subjek penelitian ialah anak perempuan yang berusia 2,5 tahun. Peneliti menggunakan teknik simak libat cakap dalam mengumpulkan data serta metode wawancara terhadap orangtua anak. Teknik simak libat cakap dilakukan dengan cara peneliti menyimak sekaligus ikut berpartisipasi dalam pembicaraan dengan objek penelitian. Teknik analisis menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek menguasai 7 fonem vokal bahasa Jawa yang terdiri dari fonem /i/, /e/, /a/, /ǝ/, /u/, /o/, dan /Ɔ/ dan 13 fonem konsonan yakni /p/, /b/, /m/, /w/, /t/, /d/, /n/, /l/, /s/, /y/, /k/, /g/, serta /ʔ/. Sementara belum menguasa 7 fonem yakni /ñ/, /ḍ/, /g/, /j/, /c/, /ṭ/, serta fonem /r/. berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diketahui bahwa secara umum, anak perempuan usia 2,5 tahun sudah cukup terampil menguasai fonem-fonem bahasa Jawa.

Acquisition of Javanese phonology in children aged 2.5 years: A psycholinguistic study


The acquisition of Javanese Language Phonology in Children Age 2.5 Years: A Psycholinguistic Study. This study aimed to describe the acquisition of the first language phonological level of 2.5-year-old girls. This research was a descriptive qualitative approach. The research was conducted in 4 months, from February 2021 to June 2021, with the research subject being a 2.5-year-old girl. The researcher used the listening-engagement technique in collecting data and interviewing the child’s parents. The conversational engagement listening technique was carried out by listening and participating in the conversation with the research object. The analysis technique uses an interactive model. The results showed that the subject mastered 7 Javanese vowel phonemes consisting of phonemes /i/, /e/, /a/, /ǝ/, /u/, /o/, and /Ɔ/ and 13 consonant phonemes namely /p /, /b/, /m/, /w/, /t/, /d/, /n/, /l/, /s/, /y/, /k/, /g/, and /ʔ/. While she had not mastered 7 phonemes, namely /ñ/, /ḍ/, /g/, /j/, /c/, /ṭ/, /r/. Based on the results of this study, it concluded that the girl aged 2.5 years is quite skilled at mastering Javanese phonemes


Keywords


pemerolehan, fonologi, bahasa Jawa

Full Text:

PDF

References


Apriani, T., Santoso, A. B., & Puspitasari, D. (2019). Pemerolehan fonologi dan leksikon pada anak usia 3.6 tahun: Kajian psikolinguisitk. Widyabastra, 7(1), 9-17. https://doi.org/10.22158/sll.v2n2p110.

Ardiana, L. I., & Sodiq, S. (2000). Psikolinguistik. Universitas Terbuka.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Balamurugan, K., & Thirunavukkarasu, S. (2018). Introduction to psycholinguistics: A review. Studies in Linguistics and Literature, 2(2), 110-113. https://doi.org/10.22158/sll.v2n2p110.

Chaer, A. (2003). Psikolinguistik: Kajian teoretik. Rineka Cipta.

Chaer, A. (2009). Fonologi bahasa Indonesia. Rineka Cipta.

Chaer. A. (2015). Psikolinguistik. Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, S. (2010). Psikolinguistik: Pengantar pemahaman bahasa manusia. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Krashen, S. (2006). Principles and practice in second language acquisition. University of Southern California.

Kridalaksana, H. (1993). Kamus linguistik. PT Gramedia.

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyani, S. (2008). Fonologi bahasa Jawa. Kanwa Publisher.

Natsir, N. (2017). Hubungan psikolinguistik dalam pemerolehan dan pembelajaran bahasa. Jurnal Retorika, 10(1), 20-29.

Tampubolon, D. P. (2008). Kemampuan membaca teknik membaca efektif dan efisien. Angkasa.

Verhaar, J. M. W. (1995). Pengantar linguistik. Gadjah Mada Univ. Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v26i2.44990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




p-ISSN: 1412-4009 || e-ISSN: 2528-6722

Indexed by:

      

  


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

 

Flag Counter