Busybook media belajar yang menarik dan edukatif untuk anak usia dini

Aria Ningsih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk busy book dan nilai edukasi yang dikembangkan dalam busy book untuk permainan dan pembelajaran anak usia dini. Penelitian ini menggunakan  metode kualitatif untuk mendeskripsikan dan menganalisis, fenonmena, peristiwa, aktivitas, sikap, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok dalam pembelajaran anak usia dini dengan media busy book. Analisis data deskriptif  menyajikan bentuk, warna, dan nilai edukasi yang dapat dibelajarkan untuk anak usia dini. Hasil penelitian  menunjukan bahwa bentuk visual busy book memiliki keunikan pada tema, bentuk, warna, struktur yang dapat dilepas, ditempel, dibuka, ditutup layaknya seperti buku album.  Permainan busy book untuk mengembangkan pemahaman logika anak tentang  bentuk, warna, keseimbangan, dan komposisi yang harmonis dan tepat. Sebagai media pembelajaran baru busy book layak, menarik, dan  dan tepat untuk permaian dan pembelajaran karakter bagi anak. Ekspresi anak dalam bermain dan belajar dengan busy book menunjukan keasyikan, keseriusan, dan kesenangan tersendiri yang perlu ditafsir dan dimaknai sebagai sebuah proses edukasi yang baik bagi anak. Materi permainan busy book sebagai media pembelajaran estetis dan etis untuk mengetahui perkembangan ekspresi estetik anak,

Kata kunci: nilai edukasi, busy book, anak usia dini


Keywords


nilai edukasi, busy book, anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Bogdan, R., & Taylor, S. J. (1993). Kualitatif dasar-dasar penelitian. Usaha Nasional

Moleong, L. J. (1999). Metodologi penelitian kualtatif. Rosdakarya.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2011). Teknologi pembelajaran dan media untuk belajar. (Terj.: Arif Rahman). Kencana Prenada Media Grup.

Sukmadinata, N. S. (2005). Metode penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Suyanto, S. (2005). Dasar-dasar pendidikan anak usia dini. Hikayat.

Wati, E. R. (2016). Ragam media pembelajaran. Kata Pena.




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v26i1.40266

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




p-ISSN: 1412-4009 || e-ISSN: 2528-6722

Indexed by:

      

  


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

 

Flag Counter