Implementasi nilai pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan di perguruan tinggi

Shofi Nurul Hikmah, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


enelitian ini bertujuan untuk mengukur ketercapaian dari implementasi nilai pendidikan karakter melalui Pendidikan Kewarganegaraan pada mahasiswa di kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik. Data yang digunakan berupa data kuantitatif dari 18 responden mahasiswa PGSD UPI Cibiru. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dan kemudian dianalisa secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa teori dan praktek perkuliahan kewarganegaraan sudah ditempuh dan dikuasai oleh mahasiswa akan tetapi pengimplementasian nilai-nilai karakter belum diterapkan secara maksimal pada kehidupan sehari-hari mahasiswa. Para mahasiswa menilai penting sekali pendidikan karakter untuk diberikan pada jenjang yang diampunya. Dengan demikian, orientasi Pendidikan Kewarganegaraan dalam proses pendidikan karakter bagi mahasiswa ini penting untuk selalu ditanamkan dan diberikan pengarahan. Tujuan ini dapat dicapai jika terjadi bentuk kerja sama antara pemerintah, lembaga pendidikan dan mahasiswa itu sendiri. 

The implementation of character education through citizenship education at the university level

This study aimed to measure the achievement of the implementation of character education values through Citizenship Education for students in their daily lives. This research used the descriptive-analytical method. The data used in quantitative data were from 18 students studying in the primary teacher education program. The data were collected through the survey method and then analyzed descriptively. The research results show that the theory and practice of civics lectures have been taken and mastered by students, but the implementation of character values has not been maximally applied in students’ daily lives. The students considered that character education was crucial to their level. Thus, the orientation of Citizenship Education in the character education process for students is essential always to be instilled and given direction. This goal can be achieved if there is a form of cooperation between the government, educational institutions, and the students themselves.


Keywords


pendidikan karakter; mahasiswa; pendidikan kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


Aji, P. C. (2018). Peran PKn dalam membentuk karakter kewarganegaraan melalui pendekatan nilai di perguruan tinggi. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Almaidah, H. (2018). Pembentukan karakter mahasiswa melalui pro-gram pembentukan kepribadian dan kepemimpinan: Studi kasus di Universitas Muhammadiyah Malang (Tesis tidak diterbitkan). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang.

Amalia, A. N., & Kharisma, M. I. (2020). Pemanfaatan era revolusi industri 4.0 sebagai upaya penunjang pendidikan karakter peserta didik. Proceeding of the ICECRS, 8(2020).

Andriadi, Lasmawan, I. W., & Suastika, I. N. (2020). Implementasi nilai-nilai karakter melalui mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan pada SMA Negeri 1 Sawan. Ganesha Civic Education Journal, 2(2), 81-90. Diunduh dari https://ejournal2.undiksha.ac.id/index.php/GANCEJ/article/view/346.

Azizah, N. (2015). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMAN 1 Waleri Kendal (Skripsi tidak diterbitkan). UIN Walisongo, Semarang.

Bahri, S. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam mengatasi krisis moral di sekolah. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 57-76. https://doi.org/10.21274/taalum.2015.3.1.57-76.

Ichsan, A. S. (2021, 20 September). Pandangan dan tantangan pendidikan Indonesia. https://www.republika.co.id/berita/qrqnuu483/pandangan-dan-tantangan-pendidikan-indonesia.

Juliardi, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter melalui pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 119-126.

Nurmalisa, Y., Mentari, A., & Rohman, R. (2020). Peranan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam membangun civic conscience. Bhineka Tunggal Ika, 7(1), 34-46.

Pradipta, D. M. (2018). Integritas akademik pada mahasiswa: Studi kasus di perguruan tinggi swasta X Surakarta (Disertasi tidak diterbitkan). Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta.

Priyanto, E. (2018). Pembelajaran pendidikan kewarganegaraan menerapkan model project citizen dalam pembangunan karakter mahasiswa. Khazanah Pendidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(1), 58-82.

Priyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Zifatma Publishing.

Rolitia, M., Achdiani, Y., & Eridiana, W. (2016). Nilai Gotong royong untuk memperkuat solidaritas dalam kehidupan masyarakat kampung naga. Sosietas, 6(1).

Suryadi, B. (2017). Pendidikan karakter: Solusi mengatasi krisis moral bangsa. Nizham Journal of Islamic Studies, 3(2), 71-84.

Wardani, K. (2014). Proses Penanaman Nilai Budi Pekerti Pada Pembelajaran Kelas Rendah di SD Tamanmuda Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta. JIPSINDO, 1(2), 119-140.

Winarno. (2020). Paradigma baru pendidikan kewarganegaraan. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v26i2.40019

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




p-ISSN: 1412-4009 || e-ISSN: 2528-6722

Indexed by:

      

  


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

 

Flag Counter