Modal budaya dalam pemetaan kualitas pendidikan

Birul Walidaini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan tentang peran modal budaya dalam pemetaan kualitan pendidikan. Artikel ini didasari dari review buku “Cultural Capital Rvaluing the Arts, Remaking Urban Spaces” yang ditulis Louse C. Johnson. Dalam buku “Cultural Capital Rvaluing the Arts, Remaking Urban Spaces” yang ditulis Louse C. Johnson dapat dilihat bagaimana modal budaya berperan penting dalam membangun sebuah kota dan memberikan identitas didalamnya. Buku “Cultural Capital Rvaluing the Arts, Remaking Urban Spaces” yang ditulis Louse C. Johnson  memberikan contoh kota yang kembali dibangun dengan menerapkan konsep modal budaya. Hasil yang didapat dari buku “Cultural Capital Rvaluing the Arts, Remaking Urban Spaces” yang ditulis Louse C. Johnson adalah deskripsi tentang konsep modal budaya dari Bordieu dan deskripsi tentang pembangunan berkelanjutan di perkotaan. Kemudian dilanjutkan dengan mendeskripsikan pengaruh modal sosial terhadap sistem pendidikan dan sistem sekolah. hasil artikel ini adalah modal budaya memberikan pengaruh terhadap peningkatan kualitas pendidikan, dan konsep- konsep modal budaya dapat diterapkan dalam menjalankan sistem pendidikan dan sistem sekolah.

Kata kunci: modal budaya, kualitas pendidikan


Keywords


modal budaya, kualitas pendidikan

Full Text:

PDF

References


Andersen Ida Gran. (2014). Cultural capital in context: Heterogeneous returns to cultural capital across schooling environments. The Danish National Centre for Social Research, Herluf Trolles Gade 11, 1052 Copenhagen K, Denmark.

Bourdieu, P. (1977). Reproduction in Education, Society, and Culture. Sage, Beverly Hills.

Brundtland report (1987), World Commission on Environment and Development,

Our Common Future (Oxford: Oxford university press).

Johnson Louise C. (2009). Cultural Capital Rvaluing the Arts, Remaking Urban Spaces. Ashgate Publishing Limited. England

Kerckhoff, A.C., (1995). Institutional arrangements and stratification processes in industrial societies. Ann. Rev. Sociol.

Kisida, Brian, Greene, Jay P., Bowen, Daniel H. (2014). Creating cultural consumers: the dynamics of cultural capital acquisition. Sociol. Educ

Throsby, D. (1997), The Economics of Cultural Policy (North sydney: policy and

planning Division of the australia Council).




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v25i1.33283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




p-ISSN: 1412-4009 || e-ISSN: 2528-6722

Indexed by:

      

  


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

 

Flag Counter