PENDIDIKAN KARAKTER DALAM ILUMINASI NASKAH BABAD PECINNA

Venny Indria Ekowati, FBS UNY
Sri Hertanti Wulan, FBS UNY
Aran Handoko, FBS UNY
Nur Hanifah Insani, FBS UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan representasi simbol-simbol dalam naskah Babad Pecinna, dan (2) menganalisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam iluminasi naskah Babad Pecinna. Penelitian ini menggunakan metode penelitian filologi dan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian filologi digunakan karena sumber data merupakan manuskrip Jawa. Metode kualitatif digunakan untuk menjelaskan representasi simbol yang digunakan dalam iluminasi naskah-naskah Jawa. Sumber data penelitian ialah iluminasi (wedana renggan) yang terdapat dalam naskah Babad Pecinna koleksi Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Analisis data dilakukan dengan analisis hermeneutik dan heuristik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rerenggan yang tergambar dalam teks antara lain mulai dari kuncup bunga dan bunga yang sedang mekar yang menunjukkan sebagai penggambaran pola kehidupan. Rerenggan bunga yang sedang mekar jika dikaitkan dengan isi teks melambangkan adanya keindahan dalam cerita tersebut seperti watak baik seorang pemimpin sebagai cerminan pendidikan karakter. Pendidikan karakter yang terkandung di dalam iluminasi naskah Babad Pecinna adalah (1) kesucian hati seorang pemimpin, (2) kerendahan hati, (3) karakter berani, (4) karakter kepemimpinan berwibawa dan disegani oleh rakyat, dan (5) religius

Keywords


makna simbolik, iluminasi, teks Serat Babad Pecinna

Full Text:

XML PDF

References


Baried, S. B. 1985. Pengantar Teori Filologi. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Behrend, T. E. 1990. Katalog Induk Naskah-naskah Nusantara Jilid I: Museum Sonobudoyo Yogyakarta. Jakarta: Djambatan.

Bland, D. 1969. A History of Book Illustration: the Illuminated Manuscript and the Printed Book. London: Faber and Faber Limited.

Damayanti, N., & Suadi, H. 2009. Ragam dan Unsur Spiritualitas pada Ilustrasi Naskah Nusantara 1800-1900-an. Diunduh dari http://www.wacananusantara. org/content/view/category/1/id/382, pada 1 April 2012.

Djamaris. 2003. Metode Penelitian Filologi. Jakarta: CV Manasco.

Endraswara, S. 2013. Falsafah Kepe-mimpinan Jawa. Yogyakarta. Narasi

Folsom, R. 1990. The Calligraphers Dic-tionary. London: Thames and Hudson.

Galuh, T. 2017. Menggali Makna Hidup dalam Filosofi Tombak Sigar Jantung Pamor Wengkon Isi. Diunduh dari http://www.akasara.com/2017/06/menggali-makna-hidup-dalam-filosofi.html?m=1, pada 21 Oktober 2017 .

Koesoema, A. D. 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.

Lickona, T. 2013. Pendidikan karakter panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan baik. Bandung: Penerbit Nusa Media.

Mu’jizah. 2009. Iluminasi dalam Surat-surat Melayu Abad ke-18 dan ke-19. Jakarta: KPG, Ecole Francaise d’Extreme-Orient, Pusat Bahasa, dan KITLV.

Mulyono, G., & Thamrin, D. 2008. "Makna Ragam Hias Binatang pada Klenteng Kwan Sing Bio di Tuban". Jurnal Dimensi Interior, 6(1), 1-8.

Oentoro, Y. 2012. "Representasi Figur Garuda yang Digunakan sebagai Lambang Negara". Jurnal Nirmana, 14(1), 47-64.

Safari, A. O. 2015. "Iluminasi dalam Naskah Cirebon". SUHUF Jurnal Pengkajian Al-Qur'an dan Budaya, 3(2), 309-325.

Saktimulya, S. R. 1998. "Fungsi Wedana Renggan dalam Sestradisuhul". Tesis. Program Studi Sastra Indonesia dan Jawa, Program Pascasarjana UGM, Yogyakarta.

Saktimulya, S. R. 2012. “Memaknai Sěstradi melalui Iluminasi Naskah Koleksi Pura Pakualaman”. Makalah Simposium Internasional Pernaskahan Nusantara XIV, 11-13 September 2012 di UGM.

Suherman, W. S. 2014. Pemanfaatan Dolanan Anak dalam Pengembangan Karakter Anak. Yogyakarta: UNY Press.

Timotiu. 2016. Kepemimpinan dan Kepengikutan: Teori dan Perkembangannya. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Williams, C. A. S. 1974. Chinese Symbolism and Art Motives. Tokyo: Charles E. Tuttle Company.

Zuriati. 2010. “Iluminasi Naskhah-naskhah Minangkabau”. Jurnal Filologia Melayu, 17, 51-71.




DOI: https://doi.org/10.21831/hum.v22i1.19101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




p-ISSN: 1412-4009 || e-ISSN: 2528-6722

Indexed by:

      

  


Creative Commons License
Jurnal Penelitian Humaniora by http://journal.uny.ac.id/index.php/humaniora is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View Journal Stats

 

Flag Counter