Analisis pemanfaatan jurnal elektronik oleh mahasiswa menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)

Edwin Nurdiansyah, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Aulia Novemy Dhita, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Dewi Pratita, Universitas Sriwijaya, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan jurnal elektronik yang terdapat pada program studi PPKn, program studi Pendidikan Sejarah dan program studi Pendidikan Ekonomi di Universtas Sriwijaya menggunakan technology acceptance model (TAM). Sampel penelitian yaitu mahasiswa semester 3, 5, dan 7 pada jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (PIPS). Metodologi penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data, kemudian data di analisis secara deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil uji hipotesis menunjukan tidak ada pengaruh positif dan signifikan instrument perceived easy to use terhadap attitude toward using pada Jurnal Bhineka Tunggal Ika serta Jurnal Criksetra. Selanjutnya hasil uji hipotesis juga menunjukan ada pengaruh positif dan signifikan perceived usefulness terhadap attitude toward using pada Jurnal Bhineka Tunggal Ika serta Jurnal Criksetra. Untuk Jurnal Profit pada program studi Pendidikan Ekonomi tidak memenuhi kriteria untuk dilanjutkan penelitian karena hanya lima mahasiswa yang mengetahui tentang jurnal tersebut.

 

Abstract

This study aims to describe the utilization of electronic journals contained in the civic education study program, historical education study programs and economic education study programs using technology acceptance models (TAM). The sample of the study is the semester 3, 5, and 7 students in the Educational of Social Science department. The research methodology uses quantitative methods with a questionnaire as a data collection tool, then the data is analyzed descriptively and inferential statistical analysis. The results of the hypothesis test show that there is no positive effect and that the instrument is perceived to be easy to use towards the attitude toward using the Journal of Unity in Diversity and the Criksetra Journal. Furthermore, the results of the hypothesis test also showed that there was a positive and significant perceived usefulness effect on the attitude toward using the Journal of Unity in Diversity and the Criksetra Journal. For the Profit Journal in the Economic Education study program does not meet the criteria for continued research because only five students know about the journal.


Keywords


Jurnal elektronik; mahasiswa; Technology Acceptance Model; electronic journal; student

Full Text:

PDF

References


Agustian, W., & Syafari, R. (2014). Pendekatan tecnology acceptance model (TAM) untuk mengidentifikasi pemanfaatan internet usaha kecil dan menengah Sumatera Selatan. SEMANTIK, 4(1).

Jogiyanto, H. M. (2007). Sistem informasi keprilakuan. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Rahmawati, D. (2008). Analisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pemanfaatan teknologi informasi. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 5(1), 107-118. doi:https://doi.org/10.21831/jep.v5i1.606

Ghozali, I. (2013). Aplikasi analisis multivariate dengan program SPSS 21 (7th ed.). Semarang: BP Universitas Diponegoro.

Hakim, K. L. (2016). Analisis penggunaan unnes journals berdasarkan pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Semarang (Unpublished doctoral dissertation). Universitas Negeri Semarang, Indonesia.

Nasution, F. (2004). Penggunaan teknologi informasi berdasarkan aspek perilaku (Behavioral aspect). Digitalized by USU digital library.

Rohanda, R. & Winoto, Y. (2017). Pemafaatan sumber informasi jurnal dan buku elektronik di perpustakaan Universitas Padjadjaran. Jurnal Edulib, 7(2), 74-81. doi:https://doi.org/10.17509/edulib.v7i2.9390

Sugiyono, S. (2007). Metode penelitian administrasi: Dilengkapi dengan metode R&D. Bandung: Alfabeta.

Thompson, R. L., Higgins, C. A., & Howell, J. M. (1991). Personal computing: Toward a conceptual model of utilization. MIS Quarterly.

Venkatesh, V., & Davis, F. D. (2000). A theoritical extension of the technology acceptance model: Four longitudinal field studies. Management Science, 46(2), 186-204. doi:https://doi.org/10.1287/mnsc.46.2.186.11926




DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i2.27515

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo


Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View Harmoni Sosial Stats