Pembentukan karakter disiplin siswa melalui kultur sekolah

Muhammad Sobri, Program Stuidi Penddikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram, Indonesia
Nursaptini Nursaptini, Program Stuidi Penddikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram, Indonesia
Arif Widodo, Program Stuidi Penddikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram, Indonesia
Deni Sutisna, Program Stuidi Penddikan Guru Sekolah Dasar, FKIP, Universitas Mataram, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pembentukan karakter disiplin siswa melalui beberapa identifikasi kultur sekolah. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif, karena penelitian ini hanya menggambarkan dan melukiskan mengenai proses pembentukan karakter disiplin siswa melalui beberapa identifikasi kultur sekolah. Penelitian ini bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan dilakukan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini ditentukan secara purposive, yaitu pemilihan subjek penelitian secara sengaja oleh peneliti berdasarkan tujuan dan kriteria tertentu. Penentuan subjek penelitian didasarkan pada ciri-ciri atau karakteristik tertentu berdasarkan penilaian subjektivitas peneliti. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis induktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa karakter disiplin siswa terbentuk melalui beberapa identifikasi kultur sekolah yakni artifak sekolah, tata tertib, ritus atau upacara-upacara, dan nilai-nilai atau keyakinan yang dianut warga sekolah. Dengan demikian disiplin sangat penting untuk perkembangan siswa agar berhasil mencapai hidup yang bahagia, bisa beradaptasi dengan baik dalam lingkungan sosial termasuk di lingkungan sekolah. Upaya pembentukan karakter disiplin siswa di sekolah mencakup segala hal yang mempengaruhi siswa untuk membantu mereka agar dapat memahami dan menyesuaikan diri dengan tuntutan lingkungan.


Abstract

This study aims to explain the process of shaping the character of student discipline through several identifications of school culture. This research is included in the descriptive study because this research only describes and illustrates the process of forming the character of student discipline through some identification of school culture. This research is qualitative. The collection technique is done through interviews, documentation, and observation. The research subjects in this study were determined purposively, namely the deliberate selection of research subjects by researchers based on specific objectives and criteria. The determination of the research subject is based on certain characteristics or characteristics based on the assessment of the subjectivity of the researcher. The data analysis technique used is the inductive analysis technique. The results of the study concluded that the character of student discipline was formed through some identification of school culture namely school artifacts, discipline, rites or ceremonies, and the values or beliefs held by school residents. Thus the discipline is very important for student development to achieve a happy life, can adapt well in the social environment, including in the school environment. Efforts to shape the character of student discipline at school include everything that affects students to help them understand and adjust to the demands of the environment.


Keywords


Disiplin; karakter; kultur sekolah; discipline; character; school culture

Full Text:

PDF

References


Annis, F. (2019). Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter disiplin pada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 10(1), 1-7. doi:https://doi.org/10.25299/perspektif.2019.vol10(1).3102

Amal, I., & Rusmawati, D. (2019). Hubungan school well-being dengan kepatuhan menaati tata tertib pada siswa SMPN 4 Petarukan. Jurnal Empati, 8(1), 49-54.

Darnius, S., Yamin, M., & Ainun, S. (2019). Implementasi disiplin dalam proses pembelajaran sebagai upaya meningkatkan prestasi siswa SD Negeri 2 Banda Aceh. Serambi Konstruktivis, 1(2), 88-94. doi:http://dx.doi.org/10.32672/konstruktivis.v1i2.1344

Dewi, A. K. T., Degeng, I. N. S., & Hadi, S. (2019). Implementasi pendidikan nilai karakter di Sekolah Dasar melalui budaya sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(2), 247-255. doi:http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12011

Ernawati, R., & Afdal, A. (2018). Peningkatan disiplin siswa dalam menaati tata tertib dengan menggunakan teknik modelling melalui layanan penguasaan konten di SMPN 49 Jakarta pada siswa kelas 8 tahun ajaran 2018-2019. Jurnal Selaras: Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan, 1(2), 81-95.

Johansson, E., Brownlee, J., Cobb-Moore, C., Boulton-Lewis, G., Walker, S., & Ailwood, J. (2011). Practices for teaching moral valus in the early years: A call for a pedagogy of participation. Education, Citizenship and Social Justice, 6(2), 109-124. doi: https://doi.org/10.1177/1746197910397914

Mulyasa, E. (2016). Manajemen pendidikan karakter. Jakarta: Bumi Aksara.

Novitasari, A. (2019). Pemberian reward and punishment dalam membentuk karakter disiplin anak pada sekolah Madrasah Ibtidaiyah. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 27-33. doi:https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2113

Pratiwi, S. D., Muslim, A. H., & Harmianto, S. (2019). Peningkatan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa melalui strategi berbagi pengetahuan secara aktif berbantuan macromedia flash. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 102-109. doi:http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v4i2.1864

Stolp, S., & Smith, S. C. (1995). Tranforming school culture stories, symbols, values and leaders role. ERIC Publications.

Sobri, M., & Moerdiyanto, M. (2014). Pengaruh kedisiplinan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi Madrasah Aliyah di Kecamatan Praya. Jurnal Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1), 43-56. doi:http://dx.doi.org/10.21831/hsjpi.v1i1.2427

Sudrajat, A., & Wibowo, A. (2013). Pembentukan karakter terpuji di Sekolah Dasar Muhammadiyah Condongcatur. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2), 174-185. doi:http://dx.doi.org/10.21831/jpk.v2i2.1438

Wuryandani, W., Maftuh, B., & Budimansyah, D. (2014). Pendidikan karakter disiplin di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan, 33(2), 286-295. doi:https://doi.org/10.21831/cp.v2i2.2168




DOI: https://doi.org/10.21831/hsjpi.v6i1.26912

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

Supervised by:

RJI Main logo


Printed ISSN (p-ISSN): 2356-1807 | Online ISSN (e-ISSN): 2460-7916

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0

View Harmoni Sosial Stats