INOVASI KUE DODONGKAL BERBASIS UBI JALAR KUNING

Rachmawati Tamara, Telkom University, Indonesia
Dendi Gusnadi, Universitas Telkom Bandung, Indonesia

Abstract


Kue dodongkal pada penelitian ini digunakan penulis untuk melestarikan kue tradisional Indonesia dimana penulis memberikan inovasi baru pada kue dodongkal dengan memanfaatkan ubi jalar kuning. Ubi jalar kuning dipakai untuk zat pewarna makanan alami yang mempunyai manfaat serta kandungan gizi yang tinggi. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperiment dimana peneliti menghasilkan inovasi kudapan manis kue dodongkal berbasis ubi jalar kuning. Teknik pengumpulan data dengan meyebarkan kuisioner terhadap 100 panelis antara lain terdiri dari dosen/guru, mahasiswa/pelajar, ibu rumah tangga, pegawai swasta dan lainnya kemudian data disajikan secara deskriptif. Hasil dari penelitian uji organoleptik melalui kuesioner yang telah disebar dari rasa, aroma, tekstur, warna, dan penampilan fisik maka persentasenya mendapatkan pada angka 85,8%. Sehingga penulis dapat menyimpulkan bahwa produk inovasi kue dodongkal berbasis ubi jalar kuning dapat diterima oleh konsumen.

 

Keywords: Daya Terima Konsumen, Kue Dodongkal, Ubi Jalar Kuning

Full Text:

PDF

References


Soekarto, Soewarno T. "Dasar-dasar pengawasan dan standarisasi mutu pangan." Bogor: PAU Pangan dan Gizi, IPB (1990).

Hernita, H. (2019). Strategi pemasaran jajanan tradisional kue putu cangkiri di sulawesi selatan

Ginting, E., Yulifianti, R., & Jusuf, M. J. M. (2014). Ubijalar Sebagai Bahan Diversifikasi Pangan Lokal Sweet Potatoes as Ingredients of Local Food Diversification. Jurnal Pangan, 23(2), 194-207.

Fitri, A. M. (2013). Analisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian stres kerja pada karyawan Bank (studi pada karyawan Bank BMT). Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, 2(1), 18766.

Gusnadi, D., Taufiq, R., & Baharta, E. (2021). Uji Oranoleptik Dan Daya Terima Pada Produk Mousse Berbasis Tapai Singkong Sebegai Komoditi Umkm Di Kabupaten Bandung. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2883-2888.

Fardiaz, D. (1998). Peluang, Kendala, dan Strategi Pengembangan Makanan Tradisional, dalam Kumpulan Ringkasan Makalah Seminar Nasional Makanan Tradisional: Meningkatkan Citra dan Mengembangkan Industri Makanan Tradisional Indonesia. Pusat Kajian Makanan Tradisional (PKMT), Lembaga Penelitian Institus Pertanian Bogor-Pusat Antar Universitas dan Gizi IPB, Bogor.

Napitupulu, B. P., & Dewiani, S. (2020). Variasi Kue Tradisional Dengan Bahan Dasar Singkong Di Dapur Pastry Hotel Él Royale Bandung. Jurnal Ilmiah Akomodasi Agung, 7(1), 49-58.

Setiawan, G. (2022). Daya Terima Konsumen Terhadap Awug Bites Sebagai Kue Tradisional Khas Bandung, Vol. 2, Univeritas Pendidikan Indonesia.

Juanda, D. dan B. Cahyono.(2000). Ubi Jalar Budidaya dan Analisis Usaha Tani. Kanisius. Yogyakarta

Rosidah. (2010).Potensi Ubi Jalar Sebagai Bahan Baku Industri Pangan. Jurnal Teknuba 2




DOI: https://doi.org/10.21831/hej.v7i2.62574

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rachmawati Tamara

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

index by 

Creative Commons License

Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Home Economics Journal Stats