PERKEMBANGAN TATA RIAS PAES PENGANTIN JOGJA PUTRI

Clarita Aprilliani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Beberapa ragam rias pengantin gaya Yogyakarta diantaranya, Paes Ageng, Jogja Putri, Kanigaran, dan Jangan Menir. Semua berasal dari induk yang sama yaitu tradisi pengantin dari keraton. Dulunya tata rias khas Jogja ini bersifat eksklusif hanya boleh dilakukan oleh putri kerajaan atau menantu. Namun setelah keputusan dari Sri Sultan HB IX, ragam tata rias khas Yogyakarta boleh dilakukan untuk masyarakat sebagai wujud pelestarian budaya. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui makna tata rias paes pengantin Jogja putri di Daerah Istimewa Yogyakarta, 2) Mengetahui perkembangan penggunaan tata rias dan tata busana pengantin Jogja putri di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan fenomenologi dengan mendeskripsikan makna dan bentuk tata rias paes serta perkembangan pada tata rias dan busana pengantin Jogja putri. Studi fenomenologi pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi pada penata rias pengantin Ibu Dra. C Tri Lestari Dyah Sulistyowati di Daerah Istimewa Yogyakarta. Analisis data disajikan dalam bentuk deskriptif dengan pendekatan fenomenologi.


Keywords


Perkembangan, Tata Rias Paes, Pengantin, Jogja Putri

Full Text:

PDF

References


Bita, S. M. (2017). Makna dan Filosofi Tata Rias dan Busana Pengantin Putri Sekar Salekso Kota Magelang Jawa Tengah. Skripsi.

Saryoto, N. (2012). Solo Puteri. PT Gramedia Pustaka Utama.

Fitri, F. N., & Wahyuningsih, N. (2019). Makna Filosofi dan Fungsi Tata Rias Pernikahan Jawa di Daerah Surakarta. Haluan Sastra Budaya, 3(2), 118-134.

Irwan Djumena Hidayatullah Haila, S. (2017). Efektivitas Pelatihan Tata Rias Pengantin Yogya Putri Bagi Peserta Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan (Lkp) Dewi Puspita Kota Serang Provinsi Banten. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 2(1).

Rifki, T. (2013). Tata Rias Pengantin Yogyakarta-Corak Yogya Puteri (Vol. 2). Gramedia Pustaka Utama.

Santoso, T. (2013). Tata rias & busana pengantin seluruh Indonesia. Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2007). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Yosodipuro. (1996). Rias Pengantin gaya Yogyakarta. Kanisius.




DOI: https://doi.org/10.21831/hej.v7i1.46650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Clarita Aprilliani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

index by 

Creative Commons License

Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Home Economics Journal Stats