Krekers Tepung Jantung Pisang Sebagai Usaha Diversifikasi Pangan Berbasis Sumber Daya Lokal

Unggul Yuyun Triastuti, Program Studi Tata Boga, Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini Semarang, Indonesia
Esteria Priyanti, Program Studi Tata Boga, Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini Semarang, Indonesia
Tri Rettagung Diana, Program Studi Tata Boga, Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini Semarang, Indonesia
Kurnianingsih Kurnianingsih, Program Studi Tata Boga, Akademi Kesejahteraan Sosial Ibu Kartini Semarang, Indonesia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui tingkat kesukaan krekers dengan penambahan tepung jantung pisang dan mengetahui kandungan karbohidrat, lemak dan protein dari krekers dengan prosentase penambahan jantung pisang yang terbaik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental, dengan membandingkan krekers yang menggunakan penambahan tepung jantung pisang sebanyak 15%, 20% dan 25% dari berat bahan kering. Tahapan pelaksanaan penelitian terdiri dari 2 tahap yaitu tahap pembuatan tepung jantung pisang dan tahap pembuatan krekers jantung pisang. Setiap perlakukan dilakukan 3 kali pengulangan agar mendapatkan formula resep yang tepat. Setelah mendapatkan formula resep yang tepat kemudian dilakukan uji tingkat kesukaan. Berdasarkan hasil uji tingkat kesukaan panelis terhadap rasa, warna, tekstur dan aroma dari krekers jantung pisang menunjukkan nilai rerata tertinggi pada produk dengan penambahan 15% tepung jantung pisang. Nilai rerata sebesar 3,33 (netral) untuk rasa, 3,30 (netral) untuk warna, 3,07 (netral) untuk tekstur dan 3,00 (netral) untuk aroma. Oleh sebab itu, produk tersebut merupakan produk yang dapat diterima oleh panelis dari segi rasa, aroma, tekstur dan warna. Hasil uji kandungan gizi dari dari krekers dengan penambahan sebanyak 15% tepung jantung pisang yaitu kadar karbohidrat 32,44%, kadar lemak 13,02% dan kadar protein 6,20%.


Keywords


Krekers, Jantung Pisang, Diversifikasi Pangan

Full Text:

PDF

References


A. Novitasari dan A. Ambarwati. (2013, Juli). Inovasi dari Jantung Pisang (Musa spp.). Jurnal Kesmadaska. 2, pp. 96-99. Available:

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=153487&val=5479&title=Inovasi%20dari%20Jantung%20Pisang%20(Musa%20spp.)

P. Aprilia, “Pengaruh Subtitusi Tepung Jantung Pisang terhadap Kualitas Chiffon Cake,” Skripsi, Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2015.

Available:

https://lib.unnes.ac.id/23299/1/5401408065.pdf

F. S. Ariantya, “Kualitas Cookies dengan Kombinasi Tepung Terigu, Pati Batang Aren (Arenga pinnata) dan Tepung Jantung Pisang (Musa paradisiaca),” Thesis, Fakultas Teknobiologi Universitas Atma Jaya, Yogyakarta, 2016.

Available:

http://e-journal.uajy.ac.id/9139/

Peraturan Menteri Perindustrian Republik Indonesia Nomor 96/M-IND/PER/11/2015, “Perubahan atas Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 60/M-IND/PER/7/2015 tentang Pemberlakukuan Standar Nasional Indonesia Biskuit secara Wajib,” Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Jakarta, 2015.

Standar Nasional Indonesia, “Syarat Mutu Biskuit,” Departemen Perindustrian Republik Indonesia, Jakarta, 1992.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Unggul Yuyun Triastuti, Esteria Priyanti, Tri Rettagung Diana, Kurnianingsih Kurnianingsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

index by 

Creative Commons License

Home Economic Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Home Economics Journal Stats