Analisis Perbedaan Karakteristik Geomorfologi: Studi Kasus Pesisir Ampenan, Kota Mataram dan Desa Sekotong Barat, Lombok Barat

Fida Fahmi Robbani, Marine Science Study Program, University of Mataram, Indonesia
Salvina Herawaty Puna, Marine Science Study Program, University of Mataram, Indonesia
Wiwid Andriyani Lestariningsih, Marine Science Study Program, University of Mataram, Indonesia
Chandrika Eka Larasati, Marine Science Study Program, University of Mataram, Indonesia

Abstract


Pulau Lombok merupakan pulau yang terletak di Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Karakteristik dan kondisi bentuk lahan di Pulau Lombok tidak terlepas dari berbagai faktor, salah satunya adalah faktor geomorfologi. Analisis kondisi geomorfologi suatu wilayah dapat dilakukan melalui pendekatan secara lansung berupa observasi wilayah, serta pemanfaatan sistem penginderaan jarak jauh atau remote sensing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kondisi geomorfologi daerah pesisir Ampenan, Kota Mataram dan pesisir Desa Sekotong Barat, Lombok Barat. Penelitian ini mencakup data sekunder dan data primer. Pengambilan data primer meliputi observasi lapangan. Data sekunder didapatkan dengan memanfaatkan citra penginderaan jarak jauh dari data model elevasi digital (DEM). Analisis karakteristik geomorfologi dilakukan berdasarkan aspek morfografi, morfometri, dan morfogenesis. Daerah pesisir Ampenan memiliki bentuk topografi cenderung landai dengan elevasi berkisar 6-10 m yang termasuk dalam lokasi strategis untuk pemukiman. Sedangkan, tebing-tebing didaerah pesisir pantai sekotong memiliki elevasi berkisar 100-250 m dengan tingkat kecuraman yang terjal, sehingga pada beberapa titik lokasi sering terjadi erosi atau tanah longsor. Daerah pesisir Ampenan termasuk kedalam daerah bentukan asal marine dan antropogenik. Pada Desa Sekotong Barat, ditemukan beberapa bentuk lahan pada daerah pesisir yaitu struktural, marine, dan antropogenik.


Keywords


Abrasion; Landform; Erosion; Mataram; West Lombok

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/gm.v22i1.69715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fida Fahmi Robbani, Salvina Herawaty Puna, Wiwid Andriyani Lestariningsih, Chandrika Eka Larasati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 Supervised by:

 

Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian indexing by
  

Creative Commons License
Geo Media: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia.

 

 View My Stats