Pengelolaan sampah dan partisipasi masyarakat terhadap sampah rumah tangga di RW 06 percontohan pengurangan sampah Kelurahan Kebon Kosong, Jakarta Pusat

Shafira Adelia Pratiwi, State University of Jakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengelolaan sampah dan bentuk partisipasi masyarakat di RW 06 yang didaulat menjadi RW percontohan pengurangan sampah, sebagai bagian dari program SAMTAMA dalam melakukan pengelolaan sampah yang berbasis 3R. Penelitian ini dilakukan di RW 06 Percontohan, Kelurahan Kebon Kosong, Jakarta Pusat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif evaluatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa RW 06 menerapkan tiga sistem pengelolaan sampah yaitu, pengelolaan sampah dengan tabungan bank sampah, mandiri dan produktif serta kumpul-angkut-buang. Masyarakat RW 06 sudah mulai berpartisipasi dalam pengelolaan sampah secara 3R, seperti dalam tahap perencanaan mengikuti kegiatan rapat pengelolaan sampah secara 3R, pada tahap pelaksanaan sudah melakukan pemilahan sampah organik dan anorganik, kegiatan-kegiatan yang dapat mengurangi sampah (3R), lalu pada tahap evaluasi masyarakat RW 06 sudah terlibat dalam pemantauan dan pemberian kritik/saran terhadap pengelolaan sampah secara 3R. Meskipun beberapa masyarakat sudah berpartisipasi untuk mengupayakan pengelolaan sampahnya secara 3R, sistem pengelolaan sampah masih dominan digunakan masyarakat RW 06 percontohan pengurangan sampah.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/gm.v20i1.45099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Shafira Adelia Pratiwi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Supervised by:

 

Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian indexing by
  

Creative Commons License
Geo Media: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia.

 

 View My Stats