DIVERSIFIKASI PERDESAAN BERASOSIASI DENGAN INDUSTRI PARIWISATABERPERAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER BANGSASTUDI DI KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG

Puji Hardati, R. Rijanta, Su Ritohardoyo,

Abstract


Industri pariwisata merupakan salah satu kegiatan sektor non-pertanian diperdesaan. Keberadaannya menjadi salah satu alternatif sumber lapangan pekerjaan danpendapatan rumah tangga. Industri pariwisata di perdesaan akan mendorong prosesdiversifikasi perdesaan. Tulisan ini bertujuan untuk mengkaji diversifikasi perdesaanberasosiasi dengan industri pariwisata dan peranannya dalam membentuk karakterbangsa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diversifikasi perdesaan yang berasosisasidengan industri pariwisata distribusinya tidak merata ke seluruh wilayah. Desa-desa yangterdeversifikasi sangat kuat terdistribusi secara keruangan pada desa-desa denganaksesibilitas yang tinggi. Keberadaan lokasi wisata menjadi salah satu modal utamadalam mendorong diversifikasi perdesaan berasosiasi dengan industri pariwisata.Pariwisata berperan dalam mengenalkan dan melestarikan kearifan lokal dan berperandalam membentuk karakter bangsa terutama gererasi mudaKata kunci: Diversifikasi Perdesaan, Industri pariwisata.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/gm.v13i1.4477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian



 Supervised by:

 

Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian indexing by
  

Creative Commons License
Geo Media: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia.

 

 View My Stats