KONSEP PERWILAYAHAN DAN TEORI PEMBANGUNAN DALAM GEOGRAFI

Nurhadi Nurhadi,

Abstract


Dua hal topik yang penting berkaitan antara satu dengan yang lain dalam lingkup ilmu wilayah yakni tentang konsep wilayah ditinjau dari berbagai matra dan upaya membagi wilayah permukaan bumi menjadi bagian yang lebih kecil khususnya pada aerah-daerah tertentu (regionalisasi).
Sampai saat ini konsep wilayah dan perwilayahan selalu menjadi topik diskusi yang menarik, karena hal ini menyangkut masalah wilayah. Upaya pengenalan wilayah dan perwilayahan menjadi sangat penting karena sifatnya yang kompleks, baik menyangkut aspek fisik maupun non fisik. Untuk dapat melihat gejala-gejala fisik dan non fisik dengan jelas baik menyangkut aspek fisik maupun non fisik perlu diikuti perkembangan secara terus menerus, sehingga hasil pengamatannya dapat menelorkan kebijaksanaan yang benar-benar bijaksana (Sutami,1977:4).
Akhirnya perlu dijelaskan bahwa tulisan ini diharapkan dapat memperjelas tentang perwilayahan dalam kaitannya dengan pelaksanaan pembangunan dan sekaligus sebagai tambahan kajian yang berkaitan dengan pembangunan di Indonesia dan teori-teori pembangunan yang berlaku dari sejak dulu sampai sekarang dan alternatif terapan yang terbaik dari tersebut. Semoga tulisan ini bermanfaat membantu dalam pemahaman tentang studi wilayah khususnya bagi yang tertarik tentang studi wilayah.

KataKunci: Konsep wilayah, pembangunan, geografi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/gm.v10i1.3595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 Supervised by:

 

Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian indexing by
  

Creative Commons License
Geo Media: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia.

 

 View My Stats