El Nino 2015: Asosiasinya Dengan Kekeringan dan Dampaknya Terhadap Curah Hujan, Luas Panen dan Produksi Padi di Kabupaten Subang

Andri Andri, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Rizki Dwi Priantoro, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


ABSTRAK

El Nino 2015 merupakan salah satu kejadian El Nino dengan intensitas sangat kuat yang terjadi pada dua dekade terakhir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana El Nino 2015 berasosiasi dengan kekeringan serta dampaknya terhadap kondisi curah hujan dan pertanian padi di Kabupaten Subang. Data curah hujan bulanan tahun 2015 dari 19 stasiun hujan dianalisis untuk identifikasi kekeringan dengan menggunakan SPI (Standardize Precipitation Index), serta analisis sifat hujan dan pewilayahan hujan pada 2015. Sementara itu dampak El Nino dan kekeringan terhadap pertanian padi diidentifikasi dengan menggunakan analisis trend produksi. Hasil studi menunjukan: (1) El Nino 2015 telah berasosiasi serta memperparah kejadian kekeringan di Kabupaten Subang; (2) El Nino 2015 secara nyata telah menyebabkan curah hujan pada 18 stasiun hujan mengalami kondisi di bawah normal serta menyebabkan penurunan curah hujan sebanyak satu tingkat pada klasifikasi wilayah hujan dari keadaan normalnya; (3) asosiasi antara El Nino dan kekeringan parah pada 2015 menyebabkan luas panen dan produksi padi di Kabupaten Subang mengalami penurunan yang besar. Penulis merekomendasikan adanya pemantauan dan peringatan dini kekeringan akibat El Nino melalui analisis curah hujan untuk mencegah gagal panen dan kerugian yang lebih besar.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/gm.v18i2.34959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Andri Andri, Rizki Dwi Priantoro

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 Supervised by:

 

Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian indexing by
  

Creative Commons License
Geo Media: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia.

 

 View My Stats