PENGEMBANGAN POTENSI PARIWISATA PANTAI PANDANSIMO KABUPATEN BANTUL

Siti Nurjanah, Program Studi Pendidikan Geografi, FISE UNY, Indonesia
Heru Pramono,

Abstract


Tujuan penelitian Penilitian ini bertujuan untuk mengkaji potensi, hambatan, dan upaya pengembangan pariwisata di Pantai Pandansimo atas dasar potensi fisik dan non fisik.

Kajian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi aspek fisik yaitu seluruh kawasan wisata Pantai Pandansimo, sedangkan aspek non fisik meliputi; masyarakat (80 responden), wisatawan (110 responden), dan pengelola objek wisata. Data aspek fisik diperoleh melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan aspek non fisik melalui wawancara. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah 1) Sampel sistematik untuk masyarakat (2) Incidental sampling untuk wisatawan (3) Purposive sampling untuk pengelola objek wisata. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis klasifikasi, tabel frekuensi, deskriptif, dan SWOT (Strength, Weakness, Opportunity, dan Threat).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara fisik maupun non fisik Pantai Pandansimo memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata dan perikanan. Hambatan pengembangan secara fisik maupun nonfisik antara lain bahaya erosi pantai, kurang memadai sarana prasarana pendukung pariwisata, kebersihan lingkungan, ketersediaan air, aksessibilitas, vegetasi kurang terawat dan rawan terhadap gempa bumi dan tsunami. Perlu dilakukan upaya pengembangan kepariwistaan yang lebih optimal dan terencana oleh semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan objek wisata. Arahan pengembangkan pariwisata secara umum yaitu; 1) Penciptaan Pantai Pandansimo menjadi wilayah pariwisata dengan ciri khas Beneficial Tourism, realisasi rencana tata ruang yang lebih terukur dan sustainability, pendampingan terhadap pelaku usaha dan lembaga usaha secara intensif, terprogram, terpadu dan berkesinambungan serta melibatkan masyarakat secara aktif dan partisipatif. Diupayakan konservasi gumuk pasir dan vegetasi pantai serta optimalisasi sektor pendukung kegiatan pariwisata dalam hal perikanan dan kelautan, keragaman kegiatan wisatawan dan optimalisasi pembangunan desa wisata dengan basis kampung nelayan.

 

Kata kunci: Pandansimo, Pariwisata, Potensi, arahan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/gm.v7i2.19096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian



 Supervised by:

 

Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian indexing by
  

Creative Commons License
Geo Media: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia.

 

 View My Stats