PENGENDALIAN EROSI TANAH SEBAGAI UPAYA MELESTARIKAN KEMAMPUAN FUNGSI LINGKUNGAN

Muhammad Nura’ban,

Abstract


Abstrak

Ketergantungan manusia terhadap tanah terus meningkat. Hal ini menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan terhadap lingkungan yang akan mendorong kemerosotan sumberdaya tanah, baik mutu maupun jumlahnya. Kemerosotan ini seperti ditunjukan oleh laju erosi yang semakin meningkat. Oleh karena itu diperlukan upaya-upaya pengendalian erosi yang berlangsung. Upaya ini dapat dilakukan dengan  mengetahui besarnya erosi yang terjadi.

Besarnya laju erosi dapat diketahui dengan menggunakan pendekatan Universal Soil Loss Equation (USLE). Untuk menghitung besarnya laju erosi yang terjadi, maka kita harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi erosi, dampak erosi yang ditimbulkan, klasifikasi erosi, dan batas toleransi erosi. Usaha-usaha untuk mengendalikan erosi, yaitu menggunakan tiga metode, antara lain: metode vegetatif, metode mekanik, dan metode kimiawi. Usaha pengendalian ini dapat digunakan sebagai alternatif pemilihan usaha pengendalian erosi tanah berdasarkan keuntungan dan resiko besarnya erosi yang mungkin terjadi. Selanjutnya para pengola sumberdaya tanah seperti petani dapat diarahkan agar bersedia untuk memilih tanaman dan metode pengendalian erosi yang mampu memberikan keuntungan cukup tinggi serta resiko tumbuhnya erosi serendah-rendahnya.

 

Kata kunci : erosi, pengendalian erosi, tanah


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/gm.v4i2.19009

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 GEOMEDIA



 Supervised by:

 

Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian indexing by
  

Creative Commons License
Geo Media: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia.

 

 View My Stats