PENGGUNAAN CITRA QUICKBIRD DAN SIG UNTUK PEROLEHAN DATA SPASIAL GUNA MENDUKUNG MANAJEMEN LALULINTAS DI KOTA YOGYAKARTA

Qadriathi Dg. Bau,
Hartono Hartono,

Abstract


Abstrak

 

Permasalahan yang sering muncul di pusatkotapada kota-kota besar dan menengah, seperti halnyaYogyakartaadalah masalah transportasi yang pada umumnya terjadi akibat ketimpangan antara kepesatan peningkatan sarana transportasi dan rendahnya kemampuan penyediaan prasarana transportasi.

 

Citra Quickbird dapat digunakan untuk menyajikan data dan informasi beberapa parameter yang berkaitan dengan kemacetan lalu lintas sehingga dapat digunakan untuk manajemen lalulintas dalam pemecahan masalah transportasi. Data dari 8 parameter yang digunakan sebagai masukan dalam managemen lalu lintas, 5 parameter dapat diinterpretasi dari citra Quickbird, yaitu: unsur geometrik jalan yang dipakai sebagai dasar dalam perhitungan tingkat pelayanan dan derajat kejenuhan, penggunaan lahan, bentuk persimpangan, trotoar, dan kondisi parkir. Data spasial yang diperole memiliki akurasi yang baik dengan ketelitian 98 % masing-masing untuk penggunaan lahan dan data lebar jalan.

 

Kata Kunci: Quickbird, SIG, Kemacetan Lalulintas, Manajemen Lalulintas


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/gm.v5i2.14062

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 GEOMEDIA



 Supervised by:

 

Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian indexing by
  

Creative Commons License
Geo Media: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia.

 

 View My Stats