ANALISIS KARAKTERISTIK ENDAPAN BERDASARKAN LITOFASIES DAN PROSES GEOMORFIK PADA ALUR SUNGAI GENDOL PASCA ERUPSI MERAPI TAHUN 2010

Dhandun Wacano,
Reineta Puspitasari,

Abstract


Abstrak

Merapi adalah gunungapi paling aktif yang ada di Indonesia. Merapi meletus dahsyat dengan skala 4 VEI pada tahun 2010 yang lalu. Letusan tersebut mengeluarkan lava dan material piroklastik dengan total kurang lebih 140 juta meter kubik. Material endapan tersebut tersebar pada seluruh wilayah disekitar gunungapi. Endapan hasil letusan Merapi memiliki karakteristik masing-masing sesuai dengan lokasi pengendapan. Informasi karakteristik setiap endapan sangat penting untuk berbagai aplikasi terkait pengelolaan dan pemanfaatan endapan hasil letusan. Lokasi penelitian berada pada Alur Sungai Gendol. Alur Sungai ini menjadi salah satu jalur aliran lava dan material piroklastik terbanyak dan terjauh. Material hasil letusan Merapi akan mengalami proses pengendapan menjadi lapisan batuan volkaniklastik dengan ciri dan karakteristik yang berbeda-beda. Perbedaan karakteristik endapan tersebut di sebabkan faktor proses geomorfik-dinamik yang ada di alur sungai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (a) mengidentifikasi litofasies dan proses geomorfik pada Alur Sungai Gendol dan (b) menganalisis karakteristik endapan hasil letusan Merapi tahun 2010 pada Alur Sungai Gendol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei lapangan dan analisis laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Alur Sungai Gendol terbagi dalam 3 fasies, yaitu fasies sentral-proksimal dengan karakterisik endapan berupa piroklastik luncuran dan piroklastik surge, fasies  medial dengan dominasi endapan lahar, fasies, dan fasies distal awal dengan dominasi endapan aliran berkonsentrasi tinggi.

 

Kata kunci: Karakteristik endapan, litofasies, proses geomorfik, alur Sungai Gendol


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/gm.v14i1.13774

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 GEOMEDIA



 Supervised by:

 

Geomedia: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian indexing by
  

Creative Commons License
Geo Media: Majalah Ilmiah dan Informasi Kegeografian is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/geomedia.

 

 View My Stats