Pengembangan Media Film Pendek untuk Pencegahan Pelecehan Seksual pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri

Antonius Ian Bayu Setiawan, Universitas Sanata Dharma, Indonesia

Abstract


Pelecehan seksual merupakan salah satu perilaku yang darurat untuk dicegah karena berdampak besar bagi korban, salah satunya adalah dampak traumatis yang mendalam bagi korban. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengembangkan media film pendek yang layak dan efektif untuk pencegahan pelecehan seksual bagi siswa. Metode dalam penelitian dan pengembangan (research and development) menggunakan model 4D yang berisi define, design, develop, dan disseminate. Hasil dalam penelitian ini berdasarkan uji kelayakan dua validator media dan dua validator materi dinyatakan “sangat layak”. Berdasarkan hasil penilaian oleh guru bimbingan dan konseling, media film pendek juga dinyatakan “sangat layak”. Hasil uji efektivitas yang dilakukan terhadap siswa MAN dianalisis menggunakan Uji-T terdapat peningkatan hasil antara pretest dengan postest sebesar 31.283. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media film pendek dinyatakan layak dan efektif untuk pencegahan pelecehan seksual.


Full Text:

PDF

References


Agung, D., Utaminingsih, S., & Fathurohman, I. (2022). The Effectiveness of Learning Story Writing

Through to Using of Short Film Media Based on The Linktree Application for Fourth Grade

Elementary School Students. ICCCM Journal of Social Sciences and Humanities, 1, 56-62.

Alves, P., & Pereira, A. S. (2020). Short Film Production in Educational Contexts: Exploring the

methodology of the Olhar pela Lente project in Portugal. Film Education Journal, 3(1).

Asri, R. (2020). Membaca Film Sebagai Sebuah Teks: Analisis Isi Film “Nanti Kita Cerita

Tentang Hari Ini (NKCTHI)”. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 1(2), 74-

http://dx.doi.org/10.36722/jaiss.v1i2.462

Azzahra, Q. M. (2020). Pendidikan Seksual Anak Usia Dini:" My Bodies Belong to Me". Early

Childhood: Jurnal Pendidikan, 4(1), 77-86.

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.736

Basri, A. S. H. (2018). Urgensi Penggunaan Teknologi Media dalam Implementasi Bimbingan dan

Konseling di Sekolah. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam, 1(1),

-107.

Biagi, S. (2010). Media Impact Pengantar Media Massa. Jakarta: Salemba Humanika

David, E. R., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube

terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Universitas Sam Ratulangi. Acta Diurna Komunikasi, 6(1).

Dewi, E. Y. R. S., Winata, M. G., & Sakerebau, E. Y. (2020). Perspektif Gender dalam Putusan

Pengadilan Pada Kasus Pelecehan Seksual. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 22(2), 345-362.

https://doi.org/10.24815/kanun.v22i2.14080

Dewi, I. A. A. (2017). Catcalling: Candaan, Pujian atau Pelecehan Seksual. Acta Comitas,

(2), 198-211. https://doi.org/10.24843/AC.2019.v04.i02.p04

Efianingrum, A. (2010). Pengarusutamaan Hak Anak di Sekolah untuk Mencegah

Kekerasan. FOUNDASIA, 2(10).

Martin, J., Riazi, H., Firoozi, A., & Nasiri, M. (2018). A Sex Education Programme for Mothers in

Iran : Does Preschool Children’s Sex Education Influence Mothers Knowledge and

Attitudes?. Taylor and Francis Journal: 1811, 1–12. https://doi.org/10.1080/14681811.201

1428547

Mayer, R. E., Fiorella, L., & Stull, A. (2020). Five Ways to Increase The Effectiveness of

Instructional Video. Educational Technology Research and Development, 68(3),

-852. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09749-6

Nugraini, S. H. (2021). Perancangan Film Pendek “Simbah” sebagai Media Pembelajaran pada Mata

Kuliah Audio Visual. ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 7(2),

-410.

Permata, S., & Avianto, L. (2019). Strategi Komunikasi Pencegahan Korupsi Melalui Film Pendek.

Ekspresi dan Persepsi Jurnal Ilmu Komunikasi, 44-58.

Salamor, A. M., Mahmud, A. N. F., Corputty, P., & Salamor, Y. B. (2020). Child Grooming Sebagai

Bentuk Pelecehan Seksual Anak Melalui Aplikasi Permainan Daring. Journal SASI, 26(4),

-499. https://doi.org/10.47268/sasi.v26i4.381

Setiawan, A. I. B., & Suwarjo, S. (2023). A Short Film for The Prevention of Sexual Harassment:

The Final Product Evaluation. ProGCouns: Journal of Professionals in Guidance and

Counseling, 4(1), 12-19.

Sofyan, S., Habibi, A., & Hendra, R. (2023). Development of Short Film Based on Local Culture for

P5 In the implementation of The Independent Curriculum. Indonesian Journal of

Educational Development (IJED), 4(3), 353-365.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children.

A sourcebook.

Wager, J., Stahlschmidt, L., Heuer, F., Troche, S., & Zernikow, B. (2018). The Impact of a Short

Educational Movie on Promoting Chronic Pain Health Literacy in School: A Feasibility

Study. European journal of pain, 22(6), 1142-1150.

Wulandari, R., & Suteja, J. (2019). Konseling Pendidikan Seks dalam Pencegahan Kekerasan

Seksual Anak (KSA). Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 2(1),

-82. 10.24235/prophetic.v2i1.4751




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v15i1.72410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats