Tahapan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Berdiferensiasi Berbasis ABCD (Asset Based Community Development)

Ezra Gerry Yohanes Lewu, Satya Wacana Christian JHS (Laboratorium of Satya Wacana Christian University), Indonesia

Abstract


Model pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu strategi yang ditawarkan dalam pelaksanaan kurikulum merdeka. Setiap guru diarahkan untuk melihat berbagai potensi siswa dan lingkungan sekitar agar dapat dimanfaatkan untuk memenuhi capaian pembelajaran. Pendekatan Asset Based Community Development (ABCD) dapat menjadi salah satu pilihan dalam melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi khususnya dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). ABCD dapat dimanfaatkan sebagai kerangka konseptual untuk membangun pembelajaran yang berbasis pada kekuatan lokal yang dimiliki oleh setiap komunitas belajar. Melalui analisis studi literatur dan refleksi pembelajaran, penelitian ini mengidentifikasi tahapan-tahapan yang dapat dilakukan untuk melaksanakan pembelajaran IPS berdiferensiasi dengan berbasis aset lokal. Tahapan tersebut mencakup Pemetaan Aset, Membangun Ikatan dan Hubungan, Mobilisasi Komunitas, Penemuan dan Imajinasi, Evaluasi dan Refleksi serta Dukungan Eksternal. Penelitian ini menggambarkan bagaimana model ABCD dapat diintegrasikan dalam praktik pembelajaran kurikulum merdeka. Tahapan-tahapan ini diharapkan dapat menjadi alternatif dalam pelaksanaan praktik pembelajaran berdiferensiasi yang responsif terhadap keberagaman murid dan aset lokal yang dimiliki.

Kata kunci: pembelajaran berdiferensiasi, Pengembangan Komunitas Berbasis Aset, Ilmu Sosial


Full Text:

PDF

References


Bruursema, C.S. (2015). Asset-Based Community Development: A Path toward Authentic Community Development Practice. SPNHA Review, 11(1), 7.

Fajarini, A., Soetjipto, B.E., & Hanurawan, F. (2016). Developing A Social Studies Module by Using P oblem Based Learning (PBL) With Scaffolding for the Seventh Grade Students in A Junior High School in Malang, Indonesia.

Fauzi, M.A., Azizah, S.A., & Atikah, I. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi sebagai Implementasi Paradigma Baru Pendidikan. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol: 1, No 1. 1-10.

Forrester, G. (2022). Schools as community assets: an exploration of the merits of an Asset-Based Community Development (ABCD) approach. Educational Review, 72. https://doi.org/10.1080/00131911.2018.1529655

Forrester, G., Kurth, J., Vincent, P., & Oliver, M. (2018, Oktober). Schools as community assets: an exploration of the merits of an Asset-Based Community Development (ABCD) approach. Schools as community assets: an exploration of the merits of an Asset-Based Community Development (ABCD) approach, 72(3), 443-458. https://doi.org/10.1080/15575330.2017.1291528

Indonesia (Depdiknas), Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Daring diakses pada 14 November 2023 dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Lewu, E. G. Y. (2023). Laporan Pembalajran IPS Kelas VIII Semester Gasal TA 2023/2024. Salatiga: Internal SMP Kristen Satya Wacana.

Lewu, E.G.Y. (2023). Laporan Pembelajaran IPS Kelas VII Semester Gasal TA 2023/2024. Salatiga. Internal SMP Kristen Satya Wacana.

Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif, PLB FIP UNP, Padang.

Missingham, B. D. (2017, Februari). Asset-Based Learning and The Pedagogy Of Community Development. Comunity Development, 48(3), 339-350.

Nashrullah. Pembelajaran IPS (Teori dan Praktik). Cv. EL Publisher. 2022.

Nature Development. “Assed Based Community Developmeny (ABCD) diakses pada 14 November 2023 dari https://www.nurturedevelopment.org/asset-based-community-development/

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative research Approach). Yogyakarta: Penerbit Deepublish (Grup Penerbit CV Budi Utama).

Sulistyosari, Y., Karwur, H.M., & Sultan, H. (2022). PENERAPAN PEMBELAJARAN IPS BERDIFERENSIASI PADA KURIKULUM MERDEKA BELAJAR. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN.

Syahrin, A. A. (2023). Pembelajaran Sosiologi Menjawab Tantangan Abad 21: Urgensi Asesmen Autentik bagi Peserta Didik. FOUNDASIA, 14(2), 52-72.

Thesalonika, E., Tanjung, S., Restu, R., & Manalu, E. (2019). Development of Web-Based Learning Media on Social Studies Subject at Junior High School Methodist Lubuk Pakam, Indonesia. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal.

Tomlinson, C. A. (2001). How To Diferentiate Instruction in Mixed-ability Classrooms. Association for Supervision and Curiculum Development.

Woodside, S.K. (2008). Asset-Based Community Development: A Case Study. Wilfrid Laurier University.

Zed, M. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v15i1.70964

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats