Menelisik Pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam Konteks Pembelajaran Abad 21: Sebuah Renungan dan Inspirasi

Zahid Zufar At Thaariq, Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
Ummul Karima, Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia

Abstract


Abad 21 telah menyebabkan banyaknya transisi, utamanya terkait paradigma pembelajaran dari teacher-centered menjadi student-centered. Paradigma ini meminta untuk pembelajaran yang menekankan pada aktivitas belajar secara bermakna dan mampu membangun motivasi belajarnya dengan baik. Hal ini memiliki relevansi dengan pemikiran dari Ki Hadjar Dewantara terkait konsep pendidikannya yang memfokuskan pada pertanyaan terkait bagaimana menjadi manusia yang utuh. Oleh karena itu, kajian literatur secara naratif ini bertujuan untuk memberikan penjelasan secara deskriptif terkait pemikiran dari Ki Hadjar Dewantara yang dikaitkan dengan sudut pandang pembelajaran abad 21 dengan mendasarkan pada literatur-literatur yang ada. Artikel ini mengungkapkan bahwa pemikiran-pemikiran yang diwariskan oleh Ki Hadjar Dewantara memiliki relevansi yang kuat dengan konstruksi pembelajaran abad 21. Pembahasan terkait relevansi tersebut akan dijelaskan dalam artikel ini sebagai renungan bersama bagi banyak kalangan, terutama pelaku-pelaku pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Acetylena, S. (2018). Pendidikan Karakter Ki Hadjar Dewantara: Perguruan Taman Siswa sebagai Gagasan Taman Pengetahuan dan Etika. Madani.

Afryanto, S. (2012). Internalisasi Nilai Kebersamaan melalui Pembelajaran Seni Gamelan (Pendidikan Karakter bagi Mahasiswa). Panggung, 23(1).

Ardhyantama, V. (2020a). Creativity Development Based on the Ideas of Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 73–86.

Ardhyantama, V. (2020b). Pengembangan kreativitas berdasarkan gagasan ki hajar dewantara. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(1), 73–86.

Arifin. (2007). Problematika SDM Guru Dalam Penerapan KTSP (Sebuah Renungan mencari jalan keluar). Jurnal, Media Pendidikan dan Kebudayaan, 5.

Arifin. (2010). Olah Akal Budi: Dasar-Dasar Logika Dan Filsafat Ilmu. Lilin.

Arifin. (2013). Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Lilin Persada Press.

Astriani, C., & Samsuri, S. (2018). Budi Pekerti Education according to the thought of Ki Hadjar Dewantara as an Effort to Prepare Young Citizens. 375–377. https://doi.org/10.2991/acec-18.2018.86

Astuti, K. D., & Arif, M. (2021). Kontekstualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Ki Hajar Dewantara di Era Covid 19. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 2(2), 202–207. https://doi.org/10.51494/jpdf.v2i2.345

Battelle for Kids. (2019). Framework for 21st Century Learning: A unified vision for learning to ensure student success in a world where change is constant and learning never stops. https://www.battelleforkids.org/networks/p21/frameworks-resources

Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2004). Research-Based Character Education. The ANNALS of the American Academy of Political and Social Science, 591(1), 72–85. https://doi.org/10.1177/0002716203260082

Bradjanagara, S. (1956). Sejarah pendidikan Indonesia. Badan Kongres Pendidekan Indonesia.

Darmawan, I. P. A., & Sujoko, E. (2019). Understanding Ki Hadjar Dewantara’s educational philosophy. International Journal of Humanities and Innovation (IJHI), 2(3), Article 3. https://doi.org/10.33750/ijhi.v2i3.42

Darmawati, S. H. (2015). Revitalisasi Pendidikan Karakter bagi Guru dan Siswa dengan Penerapan Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara di SMP 32 OKU. Prosiding Seminar Nasional, 1(1), Article 1.

Dede, C. (2010). Comparing frameworks for 21st century skills. Dalam 21st Century Skills: Rethinking How Students Learn. Solution Tree Press.

Defrianti, D., & Iskandar, I. (2022). The Mastery of Teacher Emotional Intelligence Facing 21st Century Learning. International Journal of Education and Teaching Zone, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.57092/ijetz.v1i1.28

Dewantara, K. H. (1952). Dari kebangunan nasional sampai proklamasi kemerdekaan. Endang. https://cir.nii.ac.jp/crid/1130282269643272576

Dewantara, K. H. (1962). Karja Ki Hadjar Dewantara. Madjelis Luhur Persatuan Taman Siswa. https://cir.nii.ac.jp/crid/1130000798207977472

Dewantara, K. H. (2013). Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka II (Kebudayaan). UST-PRESS.

Dhont, F. (2017). From Pancadharma to Pancasila: Defending Indonesian Interests in a Japanese Controlled Wartime Java. 10th International Indonesia Forum Conference: Indonesian Exceptionalism: Values and Morals of the Middle Ground,.

Diana, R. C., Kuswandi, D., & Ulfa, S. (2019). Konsep Pembelajaran TRINGO pada Mata Kuliah Model Pengembangan Kurikulum. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.17977/um038v2i22019p090

Efendi, P. M., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Relevansi Kurikulum Merdeka Dengan Konsepsi Ki Hadjar Dewantara: Studi Kritis Dalam Perspektif Filosofis-Pedagogis. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5487

Ekasari, K., Handayani, E., & Widati, S. (2015). Penyelarasan Pendidikan Akuntansi melalui Trisakti Jiwa. Jurnal Riset dan Aplikasi: Akuntansi dan Manajemen, 1(2), 81–89.

European University Association. (2007). Annual Report 2006. EUA.

Ferary, D. (2021). On Ki Hadjar Dewantara’s Philosophy of Education. Nordic Journal of Comparative and International Education (NJCIE), 5(2), Article 2. https://doi.org/10.7577/njcie.4156

Ferrari, R. (2015). Writing narrative style literature reviews. Medical Writing, 24(4), 230–235. https://doi.org/10.1179/2047480615Z.000000000329

Gardner, H. (2011). Five Minds for the Future: An Overview. Journal of Educational Sciences and Psychology, I (LXIII)(2), n/a.

Geertz, C. (1976). The Religion of Java. University of Chicago Press.

Giri, I. M. A. (2018). Antisipatif Problematika Pendidikan Berbasis Teknohumanistik dengan Pendidikan Sistem Among Ki Hajar Dewantoro. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 1(1).

González-Pérez, L. I., & Ramírez-Montoya, M. S. (2022). Components of Education 4.0 in 21st Century Skills Frameworks: Systematic Review. Sustainability, 14(3), Article 3. https://doi.org/10.3390/su14031493

Hakim, M. A. (2016). Meruntuhkan Budaya Kuasa dan Kekerasan pada Anak: Belajar dari Ki Hadjar Dewantara. BUANA GENDER : Jurnal Studi Gender Dan Anak, 1(1), 79–90. https://doi.org/10.22515/bg.v1i1.64

Hanushek, E. A., & Ludger, W. (2015). Universal Basic Skills What Countries Stand to Gain: What Countries Stand to Gain. OECD Publishing.

Hariana, K., Rizal, R., Surahman, S., Lapasere, S., & Aqil, M. (2022). Konstruktivisme Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dalam Problematika Pendidikan Seni Anak. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Ilmu Sosial, 8(1), 378133.

Hendratmoko, T., Kuswandi, D., & Setyosari, P. (2018). Tujuan Pembelajaran Berlandaskan Konsep Pendidikan Jiwa Merdeka Ki Hajar Dewantara. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.17977/um031v3i22017p152

Ibrahim, T., & Hendriani, A. (2017). Kajian Reflektif Tentang Etika Guru Dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara Berbalut Filsafat Moral Utilitarianisme: Kajian Reflektif Tentang Etika Guru Dalam Perspektif Ki Hajar Dewantara Berbalut Filsafat Moral Utilitarianisme. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.12

Ikhsan, M. A. (2017). Nilai-nilai cinta tanah air dalam perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(2), Article 2.

Jerald, C. D. (2009). Defining a 21st century education. Center for Public education, 16, 1–10.

Jose, K. (2021). Conversations through Web 2.0 tools: Nurturing 21st century Values in the ESL Classroom. Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 13(2), 1–16.

Kereluik, K., Mishra, P., Fahnoe, C., & Terry, L. (2013). What Knowledge Is of Most Worth: Teacher Knowledge for 21st Century Learning. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 29(4), 127–140. https://doi.org/10.1080/21532974.2013.10784716

Kim, S., Raza, M., & Seidman, E. (2019). Improving 21st-century teaching skills: The key to effective 21st-century learners. Research in Comparative and International Education, 14(1), 99–117. https://doi.org/10.1177/1745499919829214

Kumalasari, D. (2010). Konsep pemikiran Ki Hadjar Dewantara dalam pendidikan taman siswa (tinjauan humanis-religius). ISTORIA Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sejarah, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/istoria.v8i1.3716

Kuswandi, D. (2005). Pengejawantahan Konsep Konsep Pendidikan Ki Hajar Dewantara di Lingkungan Ibu Pawiyatan Tamansiswa Yogyakarta [Doctoral Dissertation]. Universitas Negeri Malang.

Kuswandi, D., Praherdiono, H., & Toenlioe, A. J. (2017). Synectics Learning and" Tringo" Model for Blended Learning System Application. 3rd International Conference on Education and Training (ICET 2017), 126–131.

Kuswandi, D., Thaariq, Z. Z. A., Ramadhani, L. R., Wijanarko, D. A., Hamudi, R. W. D., Sinaga, M. N. A., Diana, R. C., Nurdiansa, E. S., & Khoirunnisa. (2020). The Role of Educational Technologists in Building the Skills of Early Childhood Teachers With TRINGO Ki Hadjar Dewantara Approach. 138–143. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201112.026

Marihandono, D. (2017). Prinsip Pendidikan Taman Siswo pada Awal Pendiriannya. Dalam Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan Perjuangannya. Museum Kebangkitan Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Marliani, L., & Djadjuli, R. D. (2019). Menakar Trilogi Kepemimpinan Ki Hajar Dewantara Di Era Globalisasi. Kebijakan : Jurnal Ilmu Administrasi, 10(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/kebijakan.v10i2.1654

Masitoh, S., & Cahyani, F. (2020). Penerapan Sistem Among Dalam Proses Pendidikan Suatu Upaya Mengembangkan Kompetensi Guru. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p122--141

McVey, R. T. (1967). Taman Siswa and the Indonesian National Awakening. Indonesia, 4, 128–149. https://doi.org/10.2307/3350908

Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun karakter dalam perspektif filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21285

Nagazumi, A. (1967). The Origin and the Earlier Years of the Budi Utomo, 1908-1918. Cornell University.

Nilotica, D. (2011). Konsep Pendidikan Panca Dharma Ki Hadjar Dewantara [Skripsi, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/58130/

Nisa, A. F., Prasetyo, Z. K., & Istiningsih, I. (2019). Tri N (Niteni, Niroake, Nambahake) Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. El Midad, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1897

Niyarci. (2022). Perkembangan Pendidikan Abad 21 Berdasarkan Teori Ki Hajar Dewantara. Pedagogika: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.57251/ped.v2i1.336

Noventari, W. (2020). Konsepsi Merdeka Belajar Dalam Sistem Among Menurut Pandangan Ki Hajar Dewantara. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44902

Nugraha, D. M. D. P. (2021). Reaktualisasi Panca Dharma Taman Siswa Dalam Pendidikan Abad Ke-21. Maha Widya Bhuwana: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.55115/bhuwana.v4i2.1624

Nurhalita, N., & Hudaidah, H. (2021). Relevansi Pemikiran Pendidikan Ki Hajar Dewantara pada Abad ke 21. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.299

Pink, D. H. (2005). A Whole New Mind: Moving from the Information Age to the Conceptual Age. Allen & Unwin.

Putri, R. N. (2021). Penerapan Konsep Tri N (Niteni, Niroakke, Nambahi) pada Pendidikan Anak Usia Dini guna Meningkatkan Pendidikan Karakter. Media Manajemen Pendidikan, 3(3), Article 3. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i3.6433

Rusmana, F. A. I. (2016). Memerdekakan Siswa Melalui Pendidikan: Relevansi Konsepsi Pemikiran Pendidikan Ki Hadjar Dewantara [Doctoral, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA]. http://repository.unj.ac.id/724/

Said, M. (1985). Ilmu Pendidikan. Alumni.

Saleh, R. F. (2020). Reinterpretasi Tri Pusat Pendidikan. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(2), 58–63.

Samho, B., & Yasunari, O. (2009). Konsep pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan tantangan-tantangan implementasinya di Indonesia dewasa ini. Research Report - Humanities and Social Science, 1. https://journal.unpar.ac.id/index.php/Sosial/article/view/19

Sari, M. D. (2023). Reflection on the Ethics of Educator Accountants in the Concept of Life Philosophy of Ki Hajar Dewantara. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(2), 81–94. https://doi.org/10.37680/scaffolding.v5i2.2749

Silber-Varod, V., Eshet-Alkalai, Y., & Geri, N. (2019). Tracing research trends of 21st-century learning skills. British Journal of Educational Technology, 50(6), 3099–3118. https://doi.org/10.1111/bjet.12753

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Solehan, S. (2010). Konsepsi Panca Dharma Ki Hadjar Dewantara ditinjau dari sudut pandang pendidikan Islam. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 15(01), Article 01. https://doi.org/10.19109/td.v15i01.66

Sugiarta, I. M., Mardana, I. B. P., Adiarta, A., & Artanayasa, W. (2019). Filsafat Pendidikan Ki Hajar Dewantara (Tokoh Timur). Jurnal Filsafat Indonesia, 2(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i3.22187

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Sukri, S., Handayani, T., & Tinus, A. (2016). Analisis Konsep Pemikiran Ki Hajar Dewantara Dalam Perspektif Pendidikan Karakter. Jurnal Civic Hukum, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.22219/jch.v1i1.10460

Suparlan, H. (2016). Filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan sumbangannya bagi pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat, 25(1), Article 1. https://doi.org/10.22146/jf.12614

Susilo, S. V. (2018). Refleksi nilai-nilai pendidikan ki hadjar dewantara dalam upaya upaya mengembalikan jati diri pendidikan indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i1.710

Syahrullah, M. G. I. (2023). Manajemen Kemitraan Berbasis Tripusat Pendidikan Ki Hajar Dewantara dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik di MAN 2 Ponorogo [Diploma, IAIN PONOROGO]. http://etheses.iainponorogo.ac.id/24282/

Tecnológico de Monterrey. (2019). 7 competencias con las que el Tec busca preparar a sus estudiantes. https://conecta.tec.mx/es/noticias/nacional/educacion/7-competencias-con-las-que-el-tec-busca-preparar-sus-estudiantes

Thaariq, Z. Z. A. (2019). Menjadi Guru yang Profesional ala Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Academi Edu.

Thaariq, Z. Z. A., & Wedi, A. (2020). Model Adaptive Blended Curriculum (ABC) sebagai Inovasi Kurikulum dalam Upaya Mendukung Pemerataan Pendidikan. Jurnal Kiprah, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.31629/kiprah.v8i2.2002

Thaariq, Z. Z. A., Wijanarko, D. A., & Kuswandi, D. (2021). Desain Elaborasi Dengan Pendekatan Tringo Ki Hadjar Dewantara Dalam Bangunan Pembelajaran Digital. Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran, 1(1), 300–313.

Thaariq, Z. Z. A., Yulianto, M. F., & Nurdiyanto, R. (2023). Construction of an Adaptive Blended Curriculum (ABC) model in implementing local content curriculum. Inovasi Kurikulum, 20(2), Article 2. https://doi.org/10.17509/jik.v20i2.55882

Wangid, M. N. (2009). Sistem among pada masa kini: Kajian konsep dan praktik pendidikan. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 39(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jk.v39i2.209

Widodo, R. B. (2017). Biografi: Dari Suwardi Suryadiningrat sampai Ki Hadjar Dewantara. Dalam Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan Perjuangannya. Museum Kebangkitan Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wigati, S., Rahmawati, D. S., & Widodo, S. A. (2018). Pengembangan youtube pembelajaran berbasis Ki Hadjar Dewantara untuk materi integral di SMA. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Wijayanti, D. (2018a). Character education designed by Ki Hadjar Dewantara. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 10(2), 85–91.

Wijayanti, D. (2018b). Pendidikan Anti Korupsi dalam Perspektif Ajaran Ki Hadjar Dewantara. Jurnal PPKn, 6(1), 1252–1263.

Wijayanti, W. (2019). Implementasi Trilogi Kepemimpinan (Ki Hadjar Dewantara) Di Madrasah Tsanawiyah. Media Manajemen Pendidikan, 2(2), Article 2. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i2.4561

Wiryopranoto, S. (2017). Gagasan Ki Hajar Dewantara di bidang Politik. Dalam Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan Perjuangannya. Museum Kebangkitan Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

World Economic Forum. (2015). New Vision for Education. World Economic Forum.

Zulfiati, H. M. (2018). Sistem among Ki Hajar Dewantara dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhamamdiyah Cirebon, 311–322.




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v14i2.63740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats