Kajian Komparasi Dinamika Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia dan Malaysia

Hendra Hendra, Universitas Jambi, Indonesia
Priazki Hajri, Universitas Jambi

Abstract


Pendidikan kewarganegaraan berfungsi untuk memberikan pemahaman kebangsaan, hak dan kewajiban warga negara serta sebagai media pendidikan karakter kepada masyarakat. Implementasi pendidikan kewarganegaraan tiap-tiap negara berbeda-beda sesuai dinamika dan sejarah yang menyertainya. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis dinamika pendidikan kewarganegaraan di Indonesia dan Malaysia. Kedua negara di pilih berdasarkan pertimbangan bahwa Indonesia dan Malaysia merupakan negara yang bertetangga dan sama-sama beretnis Melayu, namun memiliki latar belakang sejarah yang berbeda. Artikel ditulis menggunakan literature review. Hasil telaah menunjukkan bahwa pendidikan kewarganegaraan di Indonesia dilaksanakan dengan berdasarkan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945. Sedangkan pendidikan kewarganegaraan di Malaysia dilaksanakan dengan berdasarkan Falsafah Pendidikan Kebangsaan Malaysia.


Full Text:

PDF

References


Adam, A. (2014). Pendidikan Sejarah di Malaysia Dewasa ini: Sejauh Manakah ia Relevan kepada Pembinaan Nasional? Susurgalur: Jurnal Kajian Sejarah & Pendidikan Sejarah, 2(1) Maret 2014.

Alfiansyah, Rifki. H, dkk. (2018). Muatan Pendidikan Kewargangeraan Sebagai Upaya Membelajarkan Civic Knowledge, Civic Skills, dan Civic Disposition di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, Vol. 6, No. 2 Desember 2018 (185-194)

Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Nur El-Islam, Volume 1, Nomor 2, Oktober 2014

Awang, N. C. & Tayeb, A. (2022). Falsafah Pendidikan Kebangsaan (FPK) dan Konsep Kewarganegaraan Inklusif: Antara Normatif dan Realiti Suatu Kajian Komprehensif. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (MJSSH) (e-ISSN : 2504-8562) 2022, Volume 7, Issue 5, e001500.

Balakrishnan, V. (2015). Rebirth of Civics and Citizenship Education in Malaysia. Masalah Pendidikan Jilid 27, Oktober.

Fadilah, F. (2018). Urgensi Pendidikan Kewarganegaraan dalam Konteks Isu Global (HAM) di Afrika Selatan dan Hong Kong. Journal of Moral and Civic Education, 2 (1) 2018 ISSN: 2549-8851 (online) 2580-412X (print). 8:15.

Fauziah, F. (2019). Civic Education Di Negara Korea Selatan Dan Inggris. Jurnal Foundasia. ISSN 1412-2316. Vol X, No 2, September 2019 (64-78)

Hendra, Indrawadi, J. & Montessori, M. (2019). Internalisasi Nilai Religius dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah Daerah Tertinggal, JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 11 (1): 84-94.

Kurniawan, M. I. (2018). Konsep Dasar Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Moeis, I. (2017). Pusparagam Pendidikan Kewarganegaraan di Berbagai Negara. Yogyakarta: Gre Publishing

Nordin, A. B., Alias, N., & Siraj, S. (2013). National Integration in Multicultural School Setting In Malaysia. The Malaysian Online Journal of Educational Science, Volume, 1(1), 20–29

Perdana, N. A., & Magelang, S. M. A. N. (2011). Pengaruh Pendudukan Jepang Terhadap Masyarakat Magelang 1942-1945. Paramita: Historical Studies Journal, 20(2). 143- 157.

Raharjo. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif, Vol. 15 No. 1 Juni 2020.

Ramadhani, S. (2021). Sejarah Perkembangan Pendidikan Indonesia Pada Masa Penjajahan Jepang. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan Vol. 8 No. 1, Desember 2021, hal. 10-23

Ridhuan, S. (2018). Modul Pembelajaran 2 Pendidikan Kewarganegaraan. Universitas Esa Unggul.

Samsuri. (2012). Kurikulum Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan : Dari Politik Rezim ke Politik Negara untuk Membangun Warga Negara Ideal. Makalah Seminar Nasional ―Menyongsong Kurikulum Nasional, 29 Oktober 2012.

Sari, S. R. (2018). Peran Penting Pendidikan Kewarganegaraan di Negara Multietnik Malaysia dan Singapura. Journal of Moral and Civic Education, 2 (2) 2018 ISSN: 2549-8851 (online) 2580-412X (print). 44:51.

Shahril, Chairil Bin H. Marjuki. (2009). Dasar Dan Perancangan Pendidikan Negara Sejak 52 Tahun Kemerdekaan Malayasia: Satu Sorotan Dan Refleksi. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 10, No. 2 Tahun 2009.

Shufiyati, E. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan di Malaysia. https://www.slideshare.net/Eftandre/pendidikan-kewarganegaraan-di-malaysia (diakses 17 Februari 2023).

Sumintono, B. (2012). Pendidikan Moral di Malaysia: Tantangan dan Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun II, Nomor 1, Februari 2012. 14:22.

Sunarso. (2009). Dinamika Pendidikan Kewarganegaraan di Indonesia dari Rezim ke Rezim. Humanika Vol. 9 No. 1, Maret 2009, hal. 67-80.

Sunarso. (2012). Kepentingan Politik Penguasa Terhadap Pendidikan Kewarganegaraan Di Indonesia. Humanika Vol. 12 No. 1, hal. 80-99.

Syakhrani, AB, dkk. (2022). Sistem pendidikan Negara Malaysia. Educatioanl Journal: General and Specific Research Vol. 2 No. 2 Juni 2022, page 320-327.

Tarmizi bin Anwar. (2019). Alternative Civic Education In Malaysia: A Case Of Dap’s Democratic School. Tesis. Mahidol University.

Widiatmaka, P. (2021). Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Dalam Membangun Karakter Bangsa Peserta Didik. Civic Edu: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 5, No. 1 Juni 2022

Winarno. (2020). Gagasan Kewarganegaraan Indonesia Dalam Perspektif Sejarah. Humanika Vol. 27 no 2, e-ISSN 2502-5783

Yusof, D. M., Zakaria. H., dan Shadan, A. (2014). Higher Education And Civic Development In Malaysia. Proceedings of SOCIOINT14- International Conference on Social Sciences and Humanities, 8-10 September 2014-Istanbul Turkey.




DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v14i1.58810

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Our journal indexed by:

  

View My Stats