PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU

NURTANIO AGUS PURWANTO,

Abstract


Guru memiliki tanggung jawab yang sangat penting dalam menjaga kualitas pendidikan. Hal itu didasarkan pada tugas dan fungsinya sebagai ujung tombak dalam aktivitas pembelajaran di kelas. Kelas sebagai unit pendidikan dan manajemen terkecil merupakan kunci pokok dalam keberhasilan pendidikan secara Iebih besar.

Berbagai permasalahan yang dihadapi guru dalam rnenjalankan kewajiban dan tugasnya terletak pada upaya peningkatan profesionalisme yang kurang diperhatikan secara maksimal. Tanggung jawab peningkatan kemarnpuan professional guru terletak pada: 1) individu guru yang bersangkutan, 2) lembaga penghasil tenaga keguruan, 3) organisasi profesi, dan 4) sekolah yang menaungi guru yang bersangkutan. Peningkatan kemampuan professional guru saat ini mcntpakan aktivitas yang berkelanjutan bukan sekedar kegiatan insidental semata. Kegiatan-kegiatan insidental yang sering dilakukan pada masa lampau kurang membawa

perubahan yang mendasar dalam diri guru. Strategi peningkatan kemampuan professional dapat dilakukan baik secara individual maupun kolektif. Tuntutan perkembangan global adalah professional dalarn segala bidang termasuk dalam bidang pendidikan yang dalam hal ini dari sudut sumber daya manusia khususnya guru. Peningkatan yang berkelanjutan (continuous Improvement) akan membawa peruhahan kemampuan profesional guru secara berkelanjutan pula.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/foundasia.v1i9.5871

Refbacks

  • There are currently no refbacks.





Our journal indexed by:

  

View My Stats